Berapa panjang dan lebar lapangan sepak bola

Posted on

Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Setiap negara memiliki aturan dan standar yang berbeda dalam mengatur ukuran lapangan sepak bola. Namun, aturan umum yang diterima di seluruh dunia adalah ukuran lapangan yang sama. Berapa panjang dan lebar lapangan sepak bola?

Panjang Lapangan Sepak Bola

Panjang lapangan sepak bola adalah 100-130 meter. Ini berarti lapangan sepak bola memiliki panjang yang sama dengan 1,5 lap lintasan atletik stadion. Panjang lapangan sepak bola juga harus lebih panjang dari lebar lapangan.

Dalam aturan FIFA, panjang lapangan sepak bola adalah 100-110 meter. Namun, dalam aturan yang diterapkan oleh beberapa negara, seperti Inggris dan Amerika, panjang lapangan sepak bola bisa mencapai 130 meter.

Lebar Lapangan Sepak Bola

Lebar lapangan sepak bola adalah 50-100 meter. Lebar lapangan sepak bola juga harus lebih pendek dari panjang lapangan. Lebar lapangan sepak bola yang ideal adalah 68-72 meter.

Dalam aturan FIFA, lebar lapangan sepak bola adalah 64-75 meter. Namun, dalam aturan yang diterapkan oleh beberapa negara, seperti Amerika, lebar lapangan sepak bola bisa mencapai 100 meter.

Pos Terkait:  10 Peluang atau Prospek Kerja Pariwisata

Ukuran Gawan atau Gawang

Ukuran gawan atau gawang juga diatur dalam aturan sepak bola. Ukuran gawan adalah 2,44 meter tinggi dan 7,32 meter lebar. Gawan juga dilengkapi dengan jaring untuk menangkap bola yang masuk ke dalam gawan.

Penanda Lapangan Sepak Bola

Penanda lapangan sepak bola juga diatur dalam aturan sepak bola. Penanda lapangan sepak bola terdiri dari garis tepi lapangan, garis gawang, titik penalti, dan lingkaran tengah.

Garis tepi lapangan dibuat sebagai batas lapangan dan harus berwarna putih. Garis gawang juga harus berwarna putih dan terletak di tengah-tengah garis tepi lapangan. Titik penalti berada di tengah-tengah garis gawang dan harus berjarak 11 meter dari gawang.

Lingkaran tengah dibuat sebagai titik awal setiap pertandingan dan harus berjarak 9,15 meter dari setiap gawang. Lingkaran tengah juga harus memiliki jari-jari 9,15 meter.

Kesimpulan

Ukuran lapangan sepak bola memiliki aturan umum yang diterima di seluruh dunia. Panjang lapangan sepak bola adalah 100-130 meter, sedangkan lebar lapangan sepak bola adalah 50-100 meter. Ukuran gawan atau gawang adalah 2,44 meter tinggi dan 7,32 meter lebar. Penanda lapangan sepak bola terdiri dari garis tepi lapangan, garis gawang, titik penalti, dan lingkaran tengah. Semua aturan ini dibuat untuk mengatur permainan sepak bola yang fair dan menyenangkan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *