Berapa Nilai dari Cos 225 Derajat?

Posted on

Anda mungkin baru saja menemukan soal matematika yang meminta Anda menghitung nilai dari cos 225 derajat. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail bagaimana cara menghitung nilai tersebut.

Pengertian Cosinus dan Derajat

Sebelum membahas mengenai cara menghitung cos 225 derajat, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari cosinus dan derajat. Cosinus adalah salah satu fungsi trigonometri yang sering digunakan dalam matematika. Fungsi ini biasanya dinyatakan sebagai cos(x) dengan x adalah sudut dalam radian atau derajat.

Derajat sendiri adalah satuan pengukuran sudut yang biasa digunakan dalam matematika. Satu lingkaran penuh memiliki sudut 360 derajat. Sedangkan dalam satu sudut derajat terdapat 60 menit dan dalam satu menit terdapat 60 detik.

Cara Menghitung Cos 225 Derajat

Untuk menghitung nilai dari cos 225 derajat, kita harus terlebih dahulu mengkonversi sudut 225 derajat ke dalam bentuk radian. Kita bisa menggunakan rumus berikut:

radian = derajat x (π/180)

Jadi, untuk mengkonversi 225 derajat ke dalam radian, kita perlu mengalikannya dengan π/180. Sehingga kita dapatkan:

225 x (π/180) = 2.5π/2 radian

Pos Terkait:  Beda Sales dan Marketing: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Selanjutnya, untuk menghitung nilai dari cos 225 derajat, kita bisa menggunakan rumus cosinus dalam radian:

cos(x) = adj / hyp

Dimana adj adalah sisi yang bersebrangan dengan sudut x dan hyp adalah sisi miring segitiga. Dalam kasus ini, kita akan menggunakan segitiga sama sisi dengan panjang sisi 1.

Maka kita bisa hitung nilai dari adj dan hyp sebagai berikut:

adj = cos(45 derajat) x 1 = √2/2

hyp = 1

Jadi, kita dapatkan:

cos(2.5π/2) = √2/2 / 1 = √2/2

Kesimpulan

Jadi, nilai dari cos 225 derajat adalah √2/2 atau sekitar 0.707. Dalam menghitung nilai tersebut, kita perlu mengkonversi sudut 225 derajat ke dalam bentuk radian terlebih dahulu. Kemudian, kita menggunakan rumus cosinus dalam radian dengan menggunakan segitiga sama sisi dengan panjang sisi 1.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menghitung nilai dari cos 225 derajat. Terima kasih telah membaca!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *