Berapa Lama Waktu Satu Pertandingan Sepak Bola?

Posted on

Pertandingan sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Selain karena aspek olahraganya, pertandingan sepak bola juga memiliki banyak penggemar karena menjadi ajang unjuk kebolehan antara tim-tim terbaik dari berbagai negara. Namun, sebelum menonton pertandingan sepak bola, ada hal yang perlu diketahui, yaitu berapa lama waktu satu pertandingan sepak bola?

Waktu Resmi Pertandingan Sepak Bola

Menurut aturan FIFA, waktu resmi pertandingan sepak bola adalah 90 menit. Namun, waktu tersebut belum termasuk waktu tambahan dan waktu istirahat. Waktu tambahan diberikan oleh wasit pada akhir setiap babak, untuk mengkompensasi waktu yang hilang akibat pemain yang terluka atau waktu yang terbuang karena pelanggaran. Sementara itu, waktu istirahat diberikan selama 15 menit di antara babak pertama dan babak kedua.

Babak Pertama Pertandingan Sepak Bola

Babak pertama pertandingan sepak bola berlangsung selama 45 menit. Selama waktu tersebut, kedua tim berusaha untuk mencetak gol sebanyak mungkin untuk memenangkan pertandingan. Waktu tambahan diberikan oleh wasit pada akhir babak pertama, biasanya antara 1 hingga 3 menit, tergantung pada keputusan wasit.

Pos Terkait:  Jumlah Pemain Sepak Bola dalam Setiap Regunya Adalah Orang

Babak Kedua Pertandingan Sepak Bola

Babak kedua pertandingan sepak bola juga berlangsung selama 45 menit. Selama babak kedua, kedua tim berusaha untuk mengubah skor atau mempertahankan keunggulan jika sudah unggul. Sama seperti babak pertama, wasit juga memberikan waktu tambahan pada akhir babak kedua, tergantung pada keputusan wasit.

Perpanjangan Waktu Pertandingan Sepak Bola

Jika skor masih imbang setelah 90 menit, maka dilakukan perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu terdiri dari dua babak, masing-masing berlangsung selama 15 menit. Jika skor masih imbang setelah perpanjangan waktu, maka pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti. Adu penalti digunakan untuk menentukan pemenang pertandingan jika skor masih imbang setelah perpanjangan waktu.

Catatan Penting

Waktu resmi pertandingan sepak bola 90 menit belum termasuk waktu tambahan dan waktu istirahat. Jika terdapat waktu tambahan, maka wasit akan memberikan tanda dengan mengangkat papan pengumuman waktu tambahan. Selain itu, waktu istirahat juga penting untuk pemain dan wasit. Pemain bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk mengambil napas dan minum air, sementara wasit bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk mengevaluasi pertandingan dan membuat keputusan yang lebih baik.

Kesimpulan

Waktu resmi pertandingan sepak bola adalah 90 menit, belum termasuk waktu tambahan dan waktu istirahat. Babak pertama dan babak kedua masing-masing berlangsung selama 45 menit, sementara perpanjangan waktu terdiri dari dua babak, masing-masing selama 15 menit. Adu penalti digunakan untuk menentukan pemenang pertandingan jika skor masih imbang setelah perpanjangan waktu. Penting untuk memperhatikan waktu tambahan dan waktu istirahat, karena keduanya merupakan bagian penting dari pertandingan sepak bola.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *