Berapa Lama Rambut Bisa di Smoothing Lagi?

Posted on

Smoothing adalah salah satu teknik perawatan rambut yang banyak diminati oleh wanita. Teknik ini mampu membuat rambut menjadi lebih lurus dan halus dengan menggunakan bahan kimia tertentu. Namun, ada beberapa pertanyaan yang sering muncul dari para wanita yang telah melakukan smoothing, yaitu berapa lama rambut bisa di smoothing lagi?

1. Pengertian Smoothing

Smoothing adalah teknik perawatan rambut yang bertujuan untuk membuat rambut menjadi lebih lurus dan halus. Teknik ini menggunakan bahan kimia tertentu yang mampu mengubah struktur rambut dari bermutu keriting menjadi lurus. Smoothing juga dapat membuat rambut menjadi lebih mudah diatur dan tidak kusut.

2. Proses Smoothing

Proses smoothing dilakukan dengan menggunakan bahan kimia tertentu yang harus diberikan pada rambut secara merata. Setelah itu, rambut akan dibungkus dengan plastik atau handuk hangat selama beberapa menit agar bahan kimia dapat meresap ke dalam rambut. Setelah itu, rambut akan dicuci dan di blow dry menggunakan hair dryer.

Pos Terkait:  Salah Satu Fungsi Kerajinan Tekstil dari Bahan Limbah, Kecuali

3. Berapa Lama Rambut Bisa di Smoothing Lagi?

Waktu yang diperlukan untuk bisa melakukan smoothing kembali pada rambut yang telah dilakukan smoothing tergantung pada jenis smoothing yang dilakukan. Smoothing yang dilakukan dengan bahan kimia yang lebih ringan, seperti rebonding atau smoothing tanpa pemanasan, bisa dilakukan kembali setelah 3-6 bulan.

Sedangkan smoothing yang menggunakan bahan kimia yang lebih kuat, seperti keratin treatment atau Brazilian blowout, bisa dilakukan kembali setelah 6-12 bulan. Namun, hal ini juga tergantung pada kondisi rambut dan bagaimana cara perawatan rambut setelah melakukan smoothing.

4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Waktu Smoothing Kembali

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi waktu smoothing kembali, yaitu:

  • Jenis smoothing yang dilakukan
  • Kondisi rambut sebelum dan sesudah smoothing
  • Cara perawatan rambut setelah smoothing
  • Faktor lingkungan, seperti sinar matahari, debu, dan polusi

5. Cara Merawat Rambut Setelah Smoothing

Setelah melakukan smoothing, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan tidak rusak. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Mencuci rambut dengan shampoo dan conditioner yang khusus untuk rambut yang telah dilakukan smoothing
  • Menghindari penggunaan hair dryer dan catokan yang terlalu panas
  • Menghindari paparan sinar matahari langsung pada rambut
  • Menggunakan hair mask secara teratur untuk menjaga kelembapan rambut
Pos Terkait:  Sebutkan 5 Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani

6. Kesimpulan

Smoothing adalah teknik perawatan rambut yang banyak diminati oleh wanita. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa melakukan smoothing kembali pada rambut yang telah dilakukan smoothing tergantung pada jenis smoothing yang dilakukan. Smoothing yang dilakukan dengan bahan kimia yang lebih ringan bisa dilakukan kembali setelah 3-6 bulan, sedangkan smoothing yang menggunakan bahan kimia yang lebih kuat bisa dilakukan kembali setelah 6-12 bulan. Selain itu, perawatan rambut yang baik dan benar setelah smoothing juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *