Berapa Jumlah Bola Biliar?

Posted on

Biliar adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan menggunakan meja khusus yang dilengkapi dengan 15 bola biliar dan satu bola putih. Dalam permainan biliar, setiap bola memiliki nomor dan warna yang berbeda-beda. Namun, mungkin ada yang bertanya-tanya, berapa jumlah bola biliar yang digunakan dalam permainan ini?

Jumlah Bola Biliar

Jumlah bola biliar yang digunakan dalam permainan biliar adalah 16 buah. Satu bola putih dan 15 bola warna yang terdiri dari:

  1. 1 bola nomor 1 berwarna kuning
  2. 1 bola nomor 2 berwarna biru langit
  3. 1 bola nomor 3 berwarna merah
  4. 1 bola nomor 4 berwarna ungu
  5. 1 bola nomor 5 berwarna oranye
  6. 1 bola nomor 6 berwarna hijau tua
  7. 1 bola nomor 7 berwarna coklat
  8. 1 bola nomor 8 berwarna hitam
  9. 1 bola nomor 9 berwarna kuning dan putih
  10. 1 bola nomor 10 berwarna biru langit dan putih
  11. 1 bola nomor 11 berwarna merah dan putih
  12. 1 bola nomor 12 berwarna ungu dan putih
  13. 1 bola nomor 13 berwarna oranye dan putih
  14. 1 bola nomor 14 berwarna hijau tua dan putih
  15. 1 bola nomor 15 berwarna coklat dan putih

Fungsi Bola Biliar

Masing-masing bola biliar memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam permainan biliar. Berikut adalah fungsi dari setiap bola:

  1. Bola nomor 1 sampai 7 disebut bola solid, yang harus dimasukkan ke dalam lubang secara berurutan sesuai dengan nomor bola.
  2. Bola nomor 9 sampai 15 disebut bola bergaris, yang harus dimasukkan ke dalam lubang secara berurutan sesuai dengan nomor bola.
  3. Bola nomor 8 disebut bola hitam atau bola pemenang. Bola ini harus dimasukkan ke dalam lubang terakhir setelah semua bola solid dan bergaris dimasukkan ke dalam lubang.
  4. Bola putih adalah bola yang digunakan untuk memukul bola-bola lainnya di atas meja biliar.
Pos Terkait:  Apa Makna Lagu Cing Cangkeling?

Ukuran Bola Biliar

Selain jumlah dan warna, ukuran bola biliar juga menjadi hal yang penting dalam permainan biliar. Ukuran bola biliar standar adalah 57,2 mm atau sekitar 2 1/4 inci. Namun, ada juga ukuran bola biliar lainnya seperti 60 mm dan 52,4 mm yang digunakan dalam varian permainan seperti snooker dan bola delapan.

Kesimpulan

Jadi, jumlah bola biliar yang digunakan dalam permainan biliar adalah 16 buah. Setiap bola memiliki nomor, warna, dan fungsi yang berbeda-beda. Selain itu, ukuran bola biliar juga menjadi faktor penting dalam permainan ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang permainan biliar.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *