Berapa Jarak Nada Terts? Penjelasan Lengkap Mengenai Jarak Nada Terts

Posted on

Apakah Anda seorang musisi yang ingin mempelajari tentang jarak nada terts? Jarak nada terts adalah konsep penting dalam teori musik. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jarak nada terts, bagaimana cara menghitungnya dan mengapa penting untuk dipelajari. Jadi, mari kita mulai!

Pengertian Jarak Nada Terts

Jarak nada terts adalah jarak antara dua nada yang terpisah oleh tiga nada di antara keduanya pada skala nada mayor atau minor. Dalam musik, nada terts adalah interval yang terdiri dari tiga nada. Jarak nada terts sangat penting dalam teori musik karena membantu kita memahami hubungan antara nada-nada dalam sebuah skala.

Cara Menghitung Jarak Nada Terts

Untuk menghitung jarak nada terts, Anda harus mengetahui skala nada mayor atau minor yang digunakan. Misalnya, jika kita ingin menghitung jarak nada terts dari C ke E, kita harus mengikuti skala nada mayor C, yaitu C-D-E-F-G-A-B-C. Jarak nada terts dari C ke E adalah tiga nada, yaitu C-D-E. Namun, jika kita ingin menghitung jarak nada terts dari C# ke E, kita harus mengikuti skala nada mayor C#, yaitu C#-D#-E#-F#-G#-A#-B#-C#. Jarak nada terts dari C# ke E# adalah enam nada, yaitu C#-D#-E#.

Pos Terkait:  Tangga Nada Mayor Diawali dengan Nada A, C atau G

Pentingnya Jarak Nada Terts

Jarak nada terts sangat penting dalam teori musik karena membantu kita memahami hubungan antara nada-nada dalam sebuah skala. Dalam musik, kita sering menggunakan akor-akor. Akor adalah gabungan dari tiga atau lebih nada yang dimainkan pada saat yang sama. Jarak nada terts membantu kita dalam membangun akor-akor tersebut. Contohnya, sebuah akor mayor terdiri dari nada pertama, nada ketiga, dan nada kelima dalam skala nada mayor. Jadi, kita harus mengetahui jarak nada terts untuk membangun akor mayor tersebut.

Jarak Nada Terts pada Skala Nada Mayor dan Minor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jarak nada terts adalah jarak antara dua nada yang terpisah oleh tiga nada di antara keduanya pada skala nada mayor atau minor. Berikut adalah jarak nada terts pada skala nada mayor dan minor:

  • Pada skala nada mayor, jarak nada terts adalah tiga nada.
  • Pada skala nada minor, jarak nada terts adalah tiga nada.

Jadi, jarak nada terts pada skala nada mayor dan minor sama-sama tiga nada.

Contoh Penggunaan Jarak Nada Terts

Contoh penggunaan jarak nada terts dalam membangun akor-akor adalah sebagai berikut:

  • Akor mayor terdiri dari nada pertama, nada ketiga, dan nada kelima dalam skala nada mayor.
  • Akor minor terdiri dari nada pertama, nada tiga-bertambah (nada keempat rendah), dan nada kelima dalam skala nada minor.
  • Akor diminis terdiri dari nada pertama, nada tiga-bertambah, dan nada lima-bertambah (nada keenam rendah).
Pos Terkait:  Pada Teknik Perakitan Threaded Fasteners Komponen Dirakit

Untuk membangun akor-akor tersebut, kita perlu mengetahui jarak nada terts dari masing-masing nada pada skala nada mayor atau minor yang digunakan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai jarak nada terts dalam teori musik. Jarak nada terts adalah jarak antara dua nada yang terpisah oleh tiga nada di antara keduanya pada skala nada mayor atau minor. Jarak nada terts sangat penting dalam membangun akor-akor dalam musik. Untuk menghitung jarak nada terts, kita harus mengetahui skala nada mayor atau minor yang digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari tentang teori musik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *