Berapa Hari NGT Harus Diganti?

Posted on

NGT atau Nasogastric Tube adalah tabung yang dimasukkan melalui hidung dan menuju perut. Tabung ini digunakan untuk memberikan makanan, cairan, atau obat-obatan pada pasien yang tidak dapat makan atau minum secara normal. Namun, seberapa sering NGT harus diganti?

Frekuensi Penggantian NGT

Penggantian NGT harus dilakukan secara teratur untuk mencegah infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Namun, frekuensi penggantian NGT tergantung pada kondisi pasien dan jenis NGT yang digunakan.

Jenis NGT yang sering digunakan adalah NGT tunggal dan NGT ganda. NGT tunggal digunakan untuk memberikan makanan atau cairan, sedangkan NGT ganda digunakan untuk memberikan makanan dan mengeluarkan isi perut secara bersamaan. Frekuensi penggantian NGT juga tergantung pada jenis makanan atau cairan yang diberikan, serta kondisi sanitasi lingkungan dan alat.

NGT Tunggal

Untuk NGT tunggal, penggantian harus dilakukan setiap 24 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi dan mencegah terjadinya sumbatan pada tabung. Selain itu, penggantian juga dilakukan jika terjadi kerusakan pada tabung atau jika tabung terlepas dari hidung pasien.

NGT Ganda

Sedangkan untuk NGT ganda, penggantian dilakukan setiap 48 jam sekali. Namun, jika terjadi masalah pada tabung, seperti kerusakan atau terlepas dari hidung pasien, penggantian harus segera dilakukan.

Pos Terkait:  Berapa Total Byte dan Bit pada IPv4?

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Selain frekuensi penggantian NGT, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat penggunaan NGT:

  • Perhatikan kebersihan dan sanitasi lingkungan saat memasukkan dan merawat NGT
  • Perhatikan posisi pasien saat memasukkan NGT agar tidak terjadi luka pada hidung atau tenggorokan
  • Perhatikan jenis makanan atau cairan yang diberikan agar tidak menyebabkan sumbatan pada tabung
  • Perhatikan kondisi kesehatan pasien dan lakukan penggantian NGT jika terjadi masalah

Kesimpulan

Penggantian NGT harus dilakukan secara teratur untuk mencegah infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Frekuensi penggantian tergantung pada jenis NGT dan kondisi pasien. Untuk NGT tunggal, penggantian dilakukan setiap 24 jam sekali, sedangkan untuk NGT ganda dilakukan setiap 48 jam sekali. Selain itu, perhatikan juga hal-hal yang perlu diperhatikan saat penggunaan NGT untuk menjaga kesehatan pasien.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *