Berapa Berat Alat Lempar Cakram untuk Putra dan Putri

Posted on

Alat lempar cakram adalah salah satu alat olahraga yang dipakai dalam cabang olahraga atletik. Alat ini terbuat dari bahan logam dan memiliki berat yang berbeda untuk putra dan putri. Berikut ini adalah berat alat lempar cakram untuk putra dan putri.

Berat Alat Lempar Cakram untuk Putra

Alat lempar cakram untuk putra memiliki berat sekitar 2 kilogram. Berat ini sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh Federasi Atletik Internasional (IAAF). Berat ini tidak bisa diubah dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Alat lempar cakram untuk putra terdiri dari bagian cakram yang terbuat dari bahan logam. Bagian cakram ini memiliki diameter sekitar 22 centimeter dan ketebalan sekitar 3 centimeter. Bagian cakram ini juga memiliki gagang yang terbuat dari bahan logam dan memiliki panjang sekitar 1 meter.

Alat lempar cakram untuk putra harus diputar sebanyak tiga kali sebelum dilemparkan. Pemutarannya dilakukan dengan cara mengayuhkan lengan ke arah belakang sambil melangkah maju. Setelah diputar sebanyak tiga kali, alat lempar cakram harus dilemparkan dengan kuat dan tepat agar mencapai jarak yang maksimal.

Pos Terkait:  Apa Perbedaan Antara Panjang, Lebar, dan Tinggi?

Berat Alat Lempar Cakram untuk Putri

Alat lempar cakram untuk putri memiliki berat sekitar 1 kilogram. Berat ini juga sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh IAAF. Berat ini tidak bisa diubah dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Alat lempar cakram untuk putri memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan alat lempar cakram untuk putra. Bagian cakram memiliki diameter sekitar 18 centimeter dan ketebalan sekitar 3 centimeter. Bagian gagang juga memiliki panjang sekitar 1 meter.

Alat lempar cakram untuk putri juga harus diputar sebanyak tiga kali sebelum dilemparkan. Pemutarannya dilakukan dengan cara yang sama dengan alat lempar cakram untuk putra. Setelah diputar sebanyak tiga kali, alat lempar cakram harus dilemparkan dengan kuat dan tepat agar mencapai jarak yang maksimal.

Penutup

Jadi, berat alat lempar cakram untuk putra dan putri sudah ditentukan oleh IAAF. Beratnya tidak bisa diubah dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Meskipun beratnya berbeda, tetapi cara penggunaannya sama yaitu harus diputar sebanyak tiga kali sebelum dilemparkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui berat alat lempar cakram untuk putra dan putri.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *