Berapa Banyak Sisi Sudut dan Titik Sudut dari Bangun Segi Delapan

Posted on

Bangun segi delapan adalah salah satu bentuk geometri yang memiliki sisi, sudut dan titik sudut yang menarik untuk diketahui. Jika Anda sedang belajar matematika atau membutuhkan informasi tentang bangun ini, maka Anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang berapa banyak sisi, sudut, dan titik sudut dari bangun segi delapan.

Definisi Bangun Segi Delapan

Bangun segi delapan adalah bangun geometri yang terdiri dari delapan sisi dengan bentuk yang simetris. Setiap sisi memiliki panjang yang sama dan membentuk sudut yang sama dengan sisi-sisi lainnya. Bangun segi delapan termasuk dalam kelompok bangun segi banyak.

Berapa Banyak Sisi dari Bangun Segi Delapan?

Sebagaimana namanya, bangun segi delapan memiliki delapan sisi. Sisi-sisi tersebut membentuk bentuk yang simetris dan sama panjang. Jadi, ketika Anda menggambar bangun segi delapan, pastikan bahwa semua sisi memiliki panjang yang sama.

Pos Terkait:  Volume Bangun Ruang Di Atas Adalah

Berapa Banyak Sudut dari Bangun Segi Delapan?

Setiap sisi pada bangun segi delapan membentuk sudut yang sama dengan sisi-sisi lainnya. Karena terdapat delapan sisi pada bangun segi delapan, maka terdapat delapan sudut yang sama pada bangun tersebut. Setiap sudut pada bangun segi delapan memiliki besar sudut sebesar 135 derajat.

Berapa Banyak Titik Sudut dari Bangun Segi Delapan?

Titik sudut adalah titik tempat dua sisi dari bangun bertemu. Pada bangun segi delapan, terdapat delapan sisi yang bertemu pada delapan titik sudut. Sehingga, bangun segi delapan memiliki delapan titik sudut.

Bagaimana Cara Menghitung Luas dan Keliling Bangun Segi Delapan?

Untuk menghitung luas bangun segi delapan, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

Luas = (diagonal 1 x diagonal 2) / 2

Sedangkan untuk menghitung keliling bangun segi delapan, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

Keliling = 8 x sisi

Contoh Soal Menghitung Luas dan Keliling Bangun Segi Delapan

Contoh soal:

Sebuah bangun segi delapan memiliki panjang diagonal 1 sebesar 10 cm dan diagonal 2 sebesar 14 cm. Hitunglah luas dan keliling bangun segi delapan tersebut!

Penyelesaian:

Luas = (diagonal 1 x diagonal 2) / 2

Luas = (10 x 14) / 2 = 70 cm2

Keliling = 8 x sisi

Keliling = 8 x 7 = 56 cm

Pos Terkait:  10 Alasan Memilih Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam

Jadi, luas dari bangun segi delapan tersebut adalah 70 cm2 dan kelilingnya adalah 56 cm.

Kesimpulan

Bangun segi delapan memiliki delapan sisi, delapan sudut, dan delapan titik sudut. Setiap sudut pada bangun segi delapan memiliki besar sudut yang sama, yaitu 135 derajat. Untuk menghitung luas bangun segi delapan, Anda dapat menggunakan rumus (diagonal 1 x diagonal 2) / 2, sedangkan untuk menghitung keliling bangun segi delapan, Anda dapat menggunakan rumus 8 x sisi.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *