Berapa Akar Kuadrat dari 64? Ini Jawabannya!

Posted on

Apakah kamu pernah bertanya-tanya berapa akar kuadrat dari 64? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang hal tersebut. Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu akar kuadrat.

Apa Itu Akar Kuadrat?

Akar kuadrat adalah suatu bilangan yang ketika dikuadratkan akan menghasilkan bilangan asalnya. Dalam matematika, akar kuadrat sering dilambangkan dengan simbol √. Contohnya, jika kita menghitung akar kuadrat dari 25, maka hasilnya adalah 5, karena 5 x 5 = 25.

Sekarang, mari kita kembali ke pertanyaan awal, berapa akar kuadrat dari 64? Jawabannya adalah 8. Mengapa? Karena 8 x 8 = 64.

Cara Menghitung Akar Kuadrat

Ada beberapa cara untuk menghitung akar kuadrat, di antaranya adalah dengan menggunakan kalkulator, rumus, atau metode perkalian. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ketiga cara tersebut.

1. Menggunakan Kalkulator

Cara termudah untuk menghitung akar kuadrat adalah dengan menggunakan kalkulator. Cukup masukkan bilangan yang ingin dihitung akar kuadratnya, lalu tekan tombol akar kuadrat (√) pada kalkulator.

2. Menggunakan Rumus

Rumus untuk menghitung akar kuadrat adalah sebagai berikut:

Pos Terkait:  4 Manfaat Bahan Pangan Setengah Jadi yang Perlu Anda Ketahui

√x = y

Artinya, jika kita ingin mencari akar kuadrat dari x, maka hasilnya adalah y. Contohnya, jika x = 25, maka akar kuadratnya adalah √25 = 5.

3. Metode Perkalian

Metode ini dilakukan dengan mencari bilangan yang ketika dikalikan dua kali akan menghasilkan bilangan yang ingin dicari akar kuadratnya. Misalnya, jika kita ingin mencari akar kuadrat dari 64, kita dapat mencoba untuk mengalikan dua bilangan yang sama hingga hasilnya sama dengan 64. Setelah mencoba beberapa bilangan, kita dapat menemukan bahwa 8 x 8 = 64.

Kesimpulan

Jadi, berapa akar kuadrat dari 64? Jawabannya adalah 8. Ada beberapa cara untuk menghitung akar kuadrat, di antaranya adalah dengan menggunakan kalkulator, rumus, atau metode perkalian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar tentang akar kuadrat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *