Bentuk Pecahan Biasa dari 2 2/3 Adalah

Posted on

Pecahan adalah salah satu konsep matematika yang cukup penting untuk dipahami. Pecahan sendiri dapat didefinisikan sebagai bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang adalah angka di atas garis pecahan, sedangkan penyebut adalah angka di bawah garis pecahan. Salah satu bentuk pecahan yang sering ditemui adalah pecahan biasa. Pecahan biasa adalah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari pada penyebutnya. Artikel ini akan membahas bentuk pecahan biasa dari 2 2/3.

Apa itu Pecahan Biasa?

Pecahan biasa adalah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari pada penyebutnya. Contoh pecahan biasa adalah 2/3, 3/4, 7/8, dan lain-lain. Pecahan biasa biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika kita membagi sebuah kue atau ketika kita mengukur waktu. Pecahan biasa juga sering digunakan dalam matematika, seperti dalam perhitungan pecahan campuran.

Apa itu Pecahan Campuran?

Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Misalnya, 2 1/2, 3 3/4, dan sebagainya. Pecahan campuran dapat diubah menjadi pecahan biasa dengan cara mengalikan bilangan bulat dengan penyebutnya, kemudian menambahkannya dengan pembilangnya. Contohnya, pecahan campuran 2 1/2 dapat diubah menjadi pecahan biasa 5/2.

Pos Terkait:  Aktivitas Fisik Saat Melakukan Olahraga Lompat Tali Skipping Dapat Melatih Kekuatan Otot Kaki dan Manfaat Lainnya

Bentuk Pecahan Biasa dari 2 2/3

Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Mengalikan Bilangan Bulat dengan Penyebutnya

Pada pecahan campuran 2 2/3, bilangan bulatnya adalah 2 dan penyebutnya adalah 3. Kita perlu mengalikan bilangan bulat dengan penyebutnya, sehingga kita akan mendapatkan angka 6.

Langkah 2: Menambahkan Hasil Langkah 1 dengan Pembilangnya

Setelah kita mendapatkan hasil dari langkah 1, kita harus menambahkannya dengan pembilangnya. Pada pecahan campuran 2 2/3, pembilangnya adalah 2. Kita perlu menambahkan hasil langkah 1 dengan pembilangnya. Sehingga kita akan mendapatkan angka 8.

Langkah 3: Membuat Hasil Langkah 2 sebagai Pembilang

Setelah kita mendapatkan hasil dari langkah 2, kita akan membuatnya sebagai pembilang dari pecahan biasa. Sehingga kita akan mendapatkan pecahan biasa 8/3.

Penutup

Jadi, bentuk pecahan biasa dari 2 2/3 adalah 8/3. Dalam mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Dengan memahami konsep pecahan, kita dapat memecahkan berbagai masalah matematika dan juga dapat memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari.

Related posts:
Pos Terkait:  Siapa yang Dimaksud dengan Bangsa Barat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *