Belajar Matematika: Cara Mudah Menyelesaikan Persamaan x+1/x-1 = 42/30

Posted on

Salah satu topik yang seringkali menjadi momok bagi sebagian besar siswa adalah matematika. Tidak heran, mengingat pelajaran ini membutuhkan pemahaman yang cukup tinggi untuk bisa menguasainya. Namun, dengan tekad dan usaha yang cukup, tentunya tidak mustahil bagi siapa saja untuk bisa memahami matematika dengan mudah.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cara mudah menyelesaikan persamaan x+1/x-1 = 42/30. Sebelum masuk ke dalam pembahasan, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai apa itu persamaan dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Apa itu Persamaan?

Persamaan adalah salah satu topik yang seringkali dibahas pada pelajaran matematika. Secara sederhana, persamaan bisa diartikan sebagai suatu keadaan di mana terdapat dua atau lebih nilai atau variabel yang sama besar. Dalam matematika, persamaan biasanya ditulis dalam bentuk aljabar.

Untuk menyelesaikan persamaan, terlebih dahulu kita perlu memahami jenis-jenis persamaan yang ada. Beberapa jenis persamaan yang seringkali dibahas pada pelajaran matematika antara lain persamaan linear, kuadrat, eksponensial, dan logaritma.

Cara Mudah Menyelesaikan Persamaan x+1/x-1 = 42/30

Sekarang kita akan masuk ke dalam pembahasan mengenai cara mudah menyelesaikan persamaan x+1/x-1 = 42/30. Sebelum itu, sebaiknya kita terlebih dahulu mempelajari beberapa hal yang perlu diketahui dalam menyelesaikan persamaan ini.

Pos Terkait:  Saat Permulaan Permainan Bulu Tangkis Adalah

Pertama, kita perlu memahami bahwa persamaan x+1/x-1 = 42/30 dapat disederhanakan menjadi persamaan kuadrat. Hal ini dikarenakan persamaan ini terdiri dari variabel x yang berada pada dua sisi persamaan.

Kedua, kita perlu memahami bahwa dalam menyelesaikan persamaan kuadrat, terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan. Beberapa metode tersebut antara lain menggunakan faktorisasi, formula kuadrat, dan melengkapkan kuadrat.

Dalam kasus persamaan x+1/x-1 = 42/30, kita dapat menggunakan metode melengkapkan kuadrat untuk menyelesaikannya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Kita mulai dengan mengalikan kedua sisi persamaan dengan (x-1)². Hal ini dilakukan untuk melengkapkan kuadrat pada bagian kiri persamaan.

2. Setelah itu, kita selesaikan persamaan dengan cara menyederhanakan kedua sisi persamaan dan mengubahnya menjadi bentuk kuadrat sederhana.

3. Terakhir, kita cari nilai x yang memenuhi persamaan tersebut.

Contoh Perhitungan

Untuk lebih memahami cara mudah menyelesaikan persamaan x+1/x-1 = 42/30, berikut ini adalah contoh perhitungan yang dapat dilakukan:

1. Kita mulai dengan mengalikan kedua sisi persamaan dengan (x-1)²:

X+1/X-1 = 42/30Source: bing.com

2. Selanjutnya, kita selesaikan persamaan dengan cara menyederhanakan kedua sisi persamaan:

X(X-1)2 + (X-1)2 = 42/30(X-1)2Source: bing.com

3. Terakhir, kita cari nilai x yang memenuhi persamaan tersebut:

X(X-1)2 - 7/5(X-1)2 = 0Source: bing.com

Dari hasil perhitungan di atas, kita dapat menentukan bahwa nilai x yang memenuhi persamaan x+1/x-1 = 42/30 adalah 3 atau 1/3.

Pos Terkait:  Arti Paraga dalam Bahasa Jawa

Kesimpulan

Persamaan merupakan salah satu topik yang seringkali dibahas pada pelajaran matematika. Untuk menyelesaikan persamaan, terdapat berbagai metode yang dapat digunakan, seperti faktorisasi, formula kuadrat, dan melengkapkan kuadrat.

Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai cara mudah menyelesaikan persamaan x+1/x-1 = 42/30 dengan menggunakan metode melengkapkan kuadrat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kita dapat menentukan nilai x yang memenuhi persamaan tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami matematika dengan mudah. Jangan lupa untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan matematika Anda agar semakin terampil dan mahir dalam menyelesaikan berbagai persoalan matematika.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *