Bagian Akhir / Penutup dari Sebuah Teks Eksplanasi

Posted on

Teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang suatu hal secara detail dan lengkap kepada pembaca. Teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir. Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi merupakan bagian terakhir yang sangat penting. Pada bagian ini, penulis harus mampu memberikan kesimpulan yang jelas dan ringkas tentang materi yang telah dijelaskan sebelumnya di bagian-bagian sebelumnya.

Pentingnya Bagian Akhir / Penutup dari Sebuah Teks Eksplanasi

Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi memiliki peran penting dalam memberikan kesimpulan dari konten yang telah disampaikan. Kesimpulan ini dapat membantu pembaca untuk memahami dan mengingat informasi yang telah diberikan dalam teks eksplanasi. Tanpa adanya bagian akhir yang jelas dan padat, pembaca akan kesulitan untuk memahami dan mengingat informasi yang disampaikan.

Selain itu, bagian akhir dari teks eksplanasi juga dapat digunakan sebagai ajakan atau pendorong bagi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu. Misalnya, jika teks eksplanasi membahas tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, pada bagian akhir penulis dapat memberikan ajakan kepada pembaca untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar mereka.

Pos Terkait:  Apa Arti G2 P1 A1 dan Bagaimana Pengaruhnya?

Tips Menulis Bagian Akhir / Penutup yang Efektif

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu penulis dalam menulis bagian akhir atau penutup yang efektif dalam teks eksplanasi:

1. Buatlah kesimpulan yang jelas dan ringkas tentang materi yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dipahami.

3. Gunakan kalimat ajakan atau pendorong untuk mengajak pembaca untuk melakukan tindakan tertentu.

4. Hindari menambahkan informasi baru di bagian akhir. Bagian akhir sebaiknya hanya berisi kesimpulan dari informasi yang telah disampaikan di bagian-bagian sebelumnya.

Contoh Bagian Akhir / Penutup dari Sebuah Teks Eksplanasi

Berikut adalah contoh bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi tentang cara membuat kue brownies yang enak dan lezat:

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa membuat kue brownies yang enak dan lezat tidaklah sulit. Hal yang paling penting adalah memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dan proses pembuatannya. Dengan mengikuti resep di atas, diharapkan pembaca dapat membuat kue brownies yang enak dan lezat di rumah. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Bagian akhir atau penutup dari sebuah teks eksplanasi memiliki peran penting dalam memberikan kesimpulan yang jelas dan ringkas tentang materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Kesimpulan ini dapat membantu pembaca untuk memahami dan mengingat informasi yang telah diberikan dalam teks eksplanasi. Oleh karena itu, penulis harus mampu menulis bagian akhir atau penutup yang efektif agar teks eksplanasi dapat terbaca dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *