Bagaimana Sikap Kita Saat Menaiki Transportasi Umum

Posted on

Saat kita naik transportasi umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan kita dan orang lain di sekitar kita menjadi lebih nyaman. Ini adalah beberapa sikap yang bisa kita terapkan saat menaiki transportasi umum.

1. Menjaga Kebersihan

Saat naik transportasi umum, kita harus selalu menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan di dalam transportasi umum. Jika kita membawa makanan atau minuman, pastikan kita membuang sampahnya ke tempat yang sesuai.

2. Menghargai Penumpang Lain

Kita harus menghargai penumpang lain yang ada di sekitar kita. Jangan berbicara terlalu keras atau membuat keributan yang mengganggu penumpang lain. Jika kita ingin mendengarkan musik, pastikan volume suara tidak terlalu keras.

3. Memberi Kesempatan Kepada Penumpang Lain

Kita harus memberi kesempatan kepada penumpang lain untuk naik atau turun dari transportasi umum. Jangan menghalangi pintu dan jangan memaksa masuk ke dalam transportasi umum yang sudah penuh. Jika kita melihat penumpang yang membutuhkan tempat duduk lebih dari kita, lebih baik kita memberikan tempat duduk tersebut kepada mereka.

4. Menghormati Karyawan Transportasi Umum

Kita harus menghormati karyawan transportasi umum yang ada di sekitar kita. Jangan memperlihatkan sikap kasar atau menuntut karyawan tersebut untuk melakukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Jika ada masalah, kita bisa mencari bantuan dengan cara yang sopan dan baik.

Pos Terkait:  Arti Kata Merajuk: Kenali Makna dan Dampaknya

5. Menjaga Keamanan

Saat naik transportasi umum, kita harus selalu menjaga keamanan kita dan orang lain di sekitar kita. Jangan membawa barang yang berbahaya atau membahayakan orang lain di dalam transportasi umum. Jika kita melihat orang yang mencurigakan atau perilaku yang mencurigakan, sebaiknya kita segera melapor kepada pihak yang berwenang.

6. Tidak Mengganggu Pengemudi

Kita harus memperhatikan pengemudi transportasi umum dan tidak mengganggunya saat sedang mengemudi. Jangan berbicara terlalu keras ke arah pengemudi atau mengganggu perhatiannya dengan bertanya tentang rute atau hal yang tidak penting.

7. Tidak Merokok

Meskipun ada beberapa transportasi umum yang memperbolehkan merokok di dalamnya, sebaiknya kita tidak merokok di dalam transportasi umum. Kebanyakan penumpang lain tidak suka bau asap rokok dan bahkan ada beberapa yang memiliki alergi terhadap asap rokok.

8. Tidak Membawa Hewan Peliharaan

Kita tidak boleh membawa hewan peliharaan ke dalam transportasi umum kecuali ada izin khusus dari pihak transportasi umum. Beberapa penumpang lain mungkin memiliki alergi terhadap binatang atau takut terhadap binatang tertentu.

9. Tidak Membuat Keributan

Kita tidak boleh membuat keributan di dalam transportasi umum. Jangan berteriak atau bertengkar dengan orang lain di dalam transportasi umum. Jika kita memiliki masalah dengan orang lain, lebih baik kita mencari solusi yang baik dan damai.

10. Tidak Membuat Kebisingan

Kita tidak boleh membuat kebisingan di dalam transportasi umum. Jangan memainkan alat musik atau memutar video dengan volume yang terlalu keras. Kebanyakan penumpang lain ingin menikmati perjalanan mereka dengan tenang dan damai.

11. Menggunakan Masker Saat Sakit

Jika kita sakit, sebaiknya kita menggunakan masker saat naik transportasi umum. Hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit ke penumpang lain. Jangan menyebarluaskan penyakit dengan naik transportasi umum saat sakit.

12. Tidak Makan Makanan Berbau Menyengat

Kita tidak boleh makan makanan yang berbau menyengat di dalam transportasi umum. Bau makanan yang kuat bisa mengganggu penumpang lain yang ada di sekitar kita. Pastikan kita membawa makanan yang tidak berbau menyengat atau memakan makanan di luar transportasi umum.

13. Menggunakan Headphone

Jika kita ingin mendengarkan musik atau menonton video di dalam transportasi umum, sebaiknya kita menggunakan headphone. Hal ini untuk mencegah suara yang keluar dari perangkat kita mengganggu penumpang lain yang ada di sekitar kita.

Pos Terkait:  Siapa Anggota Koperasi Sekolah?

14. Tidak Menggunakan Parfum Berlebihan

Kita tidak boleh menggunakan parfum berlebihan saat naik transportasi umum. Bau parfum yang terlalu kuat bisa mengganggu penumpang lain yang ada di sekitar kita. Pastikan kita menggunakan parfum dengan wangi yang lembut dan tidak terlalu kuat.

15. Menggunakan Tas yang Sesuai

Kita harus menggunakan tas yang sesuai saat naik transportasi umum. Jangan membawa tas yang terlalu besar atau terlalu banyak barang di dalamnya. Hal ini untuk mencegah kita mengganggu penumpang lain dan memudahkan kita untuk naik atau turun dari transportasi umum.

16. Tidak Menggunakan Ponsel Saat Berkendara

Kita tidak boleh menggunakan ponsel saat berkendara di dalam transportasi umum. Hal ini untuk mencegah kita mengganggu perhatian pengemudi dan memastikan perjalanan kita aman dan nyaman.

17. Menjaga Etika Berpakaian

Kita harus menjaga etika berpakaian saat naik transportasi umum. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu minim atau terlalu mencolok. Hal ini untuk menghormati penumpang lain yang ada di sekitar kita.

18. Tidak Menggunakan Obat-obatan Terlarang

Kita tidak boleh menggunakan obat-obatan terlarang saat naik transportasi umum. Hal ini untuk mencegah kita mengganggu penumpang lain dan memastikan perjalanan kita aman dan nyaman.

19. Tidak Menggunakan Alkohol

Kita tidak boleh menggunakan alkohol saat naik transportasi umum. Hal ini untuk mencegah kita mengganggu penumpang lain dan memastikan perjalanan kita aman dan nyaman.

20. Menghormati Hak Penumpang Lain

Kita harus menghormati hak penumpang lain yang ada di sekitar kita. Jangan merokok atau memakan makanan yang berbau menyengat atau menggunakan parfum terlalu kuat di dalam transportasi umum. Hal ini untuk memastikan perjalanan kita dan penumpang lain menjadi lebih nyaman.

21. Tidak Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Kita tidak boleh menggunakan bahan kimia berbahaya saat naik transportasi umum. Hal ini untuk mencegah kita dan penumpang lain terkena dampak dari bahan kimia tersebut.

22. Tidak Membawa Senjata Api

Kita tidak boleh membawa senjata api atau senjata tajam ke dalam transportasi umum. Hal ini untuk memastikan perjalanan kita dan penumpang lain menjadi lebih aman.

23. Tidak Membuka Jendela Saat Berkendara

Kita tidak boleh membuka jendela saat berkendara di dalam transportasi umum. Hal ini untuk memastikan perjalanan kita dan penumpang lain menjadi lebih aman dan nyaman.

Pos Terkait:  Apa Bahasa Inggris Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu?

24. Tidak Membawa Barang Berbahaya

Kita tidak boleh membawa barang berbahaya ke dalam transportasi umum. Hal ini untuk mencegah kita dan penumpang lain terkena dampak dari barang tersebut.

25. Tidak Membawa Barang Terlarang

Kita tidak boleh membawa barang terlarang ke dalam transportasi umum. Hal ini untuk memastikan perjalanan kita dan penumpang lain menjadi lebih aman dan nyaman.

26. Tidak Membawa Barang yang Terlalu Besar

Kita tidak boleh membawa barang yang terlalu besar ke dalam transportasi umum. Hal ini untuk memastikan perjalanan kita dan penumpang lain menjadi lebih nyaman dan memudahkan kita untuk naik atau turun dari transportasi umum.

27. Tidak Mengganggu Penumpang yang Lain

Kita tidak boleh mengganggu penumpang yang lain yang ada di sekitar kita. Jangan mengobrol terlalu keras atau membuat keributan yang mengganggu penumpang lain. Jika kita ingin berbicara dengan orang lain, pastikan suara kita tidak terlalu keras.

28. Mengingatkan Anak-anak untuk Mengikuti Etika Berperilaku

Jika kita membawa anak-anak saat naik transportasi umum, kita harus mengingatkan mereka untuk mengikuti etika berperilaku yang baik. Jangan membiarkan anak-anak kita membuat keributan atau mengganggu penumpang lain.

29. Tidak Membawa Barang yang Berbau Menyengat

Kita tidak boleh membawa barang yang berbau menyengat ke dalam transportasi umum. Hal ini untuk memastikan perjalanan kita dan penumpang lain menjadi lebih nyaman.

30. Menghargai Pengemudi dan Karyawan Transportasi Umum

Kita harus menghargai pengemudi dan karyawan transportasi umum yang ada di sekitar kita. Jangan memperlihatkan sikap kasar atau menuntut pengemudi atau karyawan untuk melakukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Jika ada masalah, kita bisa mencari bantuan dengan cara yang sopan dan baik.

Kesimpulan

Menjadi penumpang yang baik saat menaiki transportasi umum bukan hanya tentang diri kita sendiri, tetapi juga tentang orang lain di sekitar kita. Dengan mengikuti etika berperilaku yang baik saat naik transportasi umum, kita bisa memastikan perjalanan kita dan orang lain di sekitar kita menjadi lebih nyaman dan aman. Oleh karena itu, mari kita selalu menjaga sikap yang baik saat menaiki transportasi umum.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *