Bagaimana Cara Menjawab Shalom?

Posted on

Shalom adalah kata dalam Bahasa Ibrani yang memiliki arti “damai sejahtera”. Kata ini seringkali diucapkan oleh orang Yahudi, terutama saat mereka bertemu atau berpisah. Jika Anda bertemu dengan seseorang yang mengucapkan shalom, bagaimana cara menjawabnya?

1. Menjawab “Shalom”

Cara paling sederhana dan umum untuk menjawab shalom adalah dengan mengucapkan kembali “shalom. Ini menunjukkan bahwa Anda juga menghargai dan menghormati kata tersebut sebagai simbol perdamaian.

2. Menjawab “Shalom Aleichem”

Selain shalom, orang Yahudi juga sering mengucapkan “shalom aleichem”, yang artinya “damai sejahtera bagi kalian semua”. Jika seseorang mengucapkan shalom aleichem, Anda bisa menjawab dengan “aleichem shalom”, yang artinya “bagimu juga damai sejahtera”.

3. Menjawab “Aleichem Shalom”

Anda juga bisa menjawab “Aleichem shalom” jika seseorang mengucapkan shalom tanpa tambahan kata lain. Ini adalah cara paling sederhana untuk merespons ucapan tersebut.

4. Menjawab dengan Doa atau Kutipan dari Kitab Suci

Bagi orang Yahudi yang taat, menjawab shalom bisa dilakukan dengan doa atau kutipan dari Kitab Suci, terutama jika mereka merasa terinspirasi oleh pertemuan tersebut. Misalnya, Anda bisa mengucapkan “Baruch Hashem” yang artinya “terpujilah TUHAN” atau “Todah” yang artinya “terima kasih”.

Pos Terkait:  Arti Kata Present: Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat

5. Menjawab dengan Ucapan yang Sama-sama Positif

Jika Anda tidak ingin mengucapkan shalom atau doa/kutipan dari Kitab Suci, Anda bisa mencoba merespons dengan ucapan yang sama-sama positif dan mengandung makna yang baik. Misalnya, “Semoga harimu menyenangkan” atau “Terima kasih atas pertemuannya”.

6. Menjawab dengan Senyuman dan Keramahan

Terlepas dari cara Anda menjawab shalom, yang terpenting adalah Anda melakukannya dengan senyuman dan keramahan. Salah satu nilai penting bagi orang Yahudi adalah “chesed” atau kasih sayang, yang berarti memberikan perlakuan baik dan ramah terhadap orang lain.

7. Kesimpulan

Menjawab shalom sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa mengucapkan kembali shalom, aleichem shalom, doa/kutipan dari Kitab Suci, atau ucapan positif lainnya. Yang terpenting adalah Anda melakukannya dengan senyuman dan keramahan, sebagai tanda bahwa Anda menghargai dan menghormati simbol perdamaian tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *