Bagaimana Cara Menghitung Nilai UAN?

Posted on

Ujian Akhir Nasional atau UAN merupakan salah satu ujian yang diikuti oleh siswa pada jenjang pendidikan menengah. Ujian ini penting karena menjadi salah satu faktor penentu kelulusan siswa. Bagi siswa yang ingin menghitung nilai UAN-nya, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan.

1. Mengumpulkan Nilai Raport

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan nilai raport selama masa belajar. Nilai raport ini akan digunakan sebagai salah satu komponen dalam menghitung nilai UAN. Pastikan nilai raport yang dikumpulkan adalah nilai raport dari semester satu hingga semester lima atau enam, tergantung pada kebijakan sekolah.

2. Mengetahui Bobot Setiap Mata Pelajaran

Setiap mata pelajaran memiliki bobot atau nilai yang berbeda-beda dalam perhitungan nilai UAN. Oleh karena itu, siswa perlu mengetahui bobot setiap mata pelajaran yang diujikan dalam UAN. Biasanya, bobot ini sudah diinformasikan oleh pihak sekolah.

3. Menghitung Nilai Rata-Rata

Setelah mengetahui bobot setiap mata pelajaran, langkah selanjutnya adalah menghitung nilai rata-rata dari seluruh mata pelajaran yang diujikan. Caranya adalah dengan menjumlahkan nilai raport setiap mata pelajaran dan kemudian membaginya dengan jumlah mata pelajaran yang diujikan.

Pos Terkait:  Arti Kata Lunak dalam Kamus Bahasa Indonesia: Mengetahui Makna dan Penggunaannya

4. Menentukan Nilai Ujian Nasional

Nilai Ujian Nasional juga mempengaruhi nilai UAN. Oleh karena itu, siswa perlu mengetahui nilai Ujian Nasional yang diperoleh. Nilai Ujian Nasional ini bisa dilihat di website resmi Badan Standar Nasional Pendidikan.

5. Menghitung Nilai UAN

Setelah mengetahui nilai rata-rata dari raport dan nilai Ujian Nasional, langkah terakhir adalah menghitung nilai UAN. Caranya adalah dengan mengalikan nilai rata-rata raport dengan bobot mata pelajaran dan membaginya dengan jumlah bobot mata pelajaran. Kemudian, tambahkan dengan nilai Ujian Nasional yang telah diketahui.

6. Contoh Penghitungan Nilai UAN

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut ini adalah contoh penghitungan nilai UAN.

Nilai raport:

  • Bahasa Indonesia: 85
  • Bahasa Inggris: 90
  • Matematika: 80
  • Fisika: 75
  • Kimia: 85

Bobot mata pelajaran:

  • Bahasa Indonesia: 4
  • Bahasa Inggris: 4
  • Matematika: 4
  • Fisika: 3
  • Kimia: 3

Nilai rata-rata raport: ((85×4)+(90×4)+(80×4)+(75×3)+(85×3))/18 = 83,89

Nilai Ujian Nasional: 80

Nilai UAN: (83,89×18/18)+(80×6/18) = 84,63

7. Kesimpulan

Menghitung nilai UAN memang terlihat rumit, namun sebenarnya cukup mudah dilakukan jika sudah mengetahui langkah-langkahnya. Dengan mengetahui nilai UAN, siswa bisa memperkirakan apakah akan lulus atau tidak. Selain itu, nilai UAN juga bisa digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih jenjang pendidikan selanjutnya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *