Back Roll, Senam Lantai yang Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Posted on

Back roll merupakan istilah senam lantai yang sering dilakukan pada program latihan olahraga. Senam lantai ini membutuhkan kelenturan tubuh yang baik, konsentrasi dan kesabaran. Back roll adalah gerakan yang dilakukan dengan berbaring di lantai dan kemudian menggulung tubuh ke belakang hingga posisi duduk.

Manfaat Back Roll

Senam lantai dengan back roll memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda, antara lain:

1. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Back roll dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh. Gerakan ini membantu tubuh Anda untuk menggerakkan otot dan sendi yang mungkin kurang terlatih. Dengan melakukan back roll secara rutin, Anda dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh dan mencegah cedera pada saat melakukan aktivitas fisik lainnya.

2. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Back roll juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh. Gerakan ini melatih otot-otot inti dan membantu Anda untuk mempertahankan keseimbangan tubuh pada saat melakukan gerakan lainnya.

Pos Terkait:  10 Pekerjaan Lulusan Akuntansi

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Kesabaran

Melakukan back roll membutuhkan konsentrasi dan kesabaran yang tinggi. Anda harus fokus pada gerakan dan mengendalikan tubuh Anda dengan baik. Latihan back roll secara rutin juga dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan kesabaran pada aktivitas lainnya.

Cara Melakukan Back Roll

Berikut adalah cara melakukan back roll:

1. Posisi Awal

Berbaringlah di lantai dengan posisi telentang. Rentangkan lengan ke samping dengan telapak tangan menghadap ke atas.

2. Persiapan

Lengkungkan tubuh ke arah belakang hingga kepala dan bahu menyentuh lantai. Angkat kedua kaki ke atas dan tekuk lutut hingga telapak kaki menyentuh lantai.

3. Gerakan Back Roll

Miringkan tubuh ke arah kanan dan gunakan tangan kiri untuk menopang tubuh. Gerakkan tubuh ke arah belakang hingga posisi duduk dengan kaki tertekuk di depan tubuh. Kemudian, gerakkan tubuh ke arah kiri dengan menopang tubuh menggunakan tangan kanan hingga kembali ke posisi awal.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Back Roll

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan menghindari cedera, perhatikan hal-hal berikut saat melakukan back roll:

1. Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan back roll, pastikan Anda telah melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan dapat membantu mengurangi risiko cedera pada otot dan sendi.

Pos Terkait:  Arti Kata Benda Cair: Definisi, Jenis, dan Contohnya

2. Jangan Melakukan Back Roll Saat Mengalami Cedera

Jangan lakukan back roll jika Anda mengalami cedera pada punggung atau leher. Hal ini dapat memperburuk kondisi cedera Anda.

3. Lakukan Back Roll Secara Pelan-pelan

Lakukan back roll secara pelan-pelan dan perlahan-lahan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan gerakan yang sulit.

Kesimpulan

Back roll adalah senam lantai yang dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh, keseimbangan tubuh, konsentrasi dan kesabaran. Gerakan ini dilakukan dengan berbaring di lantai dan menggulung tubuh ke belakang hingga posisi duduk. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lakukan back roll secara rutin dan perhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan ini.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *