Arti Kata Whatever – Makna dan Penggunaan dalam Bahasa Indonesia

Posted on

Pendahuluan

Whatever merupakan kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun, apakah kamu tahu arti sebenarnya dari kata ini dan bagaimana cara penggunaannya dalam bahasa Indonesia? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai arti kata whatever, jenis-jenis penggunaannya, serta beberapa contoh kalimat yang mengandung kata ini.

Apa Arti Kata Whatever?

Kata whatever berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah apapun atau apa saja. Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menunjukkan ketidakpedulian atau ketidakpastian terhadap suatu hal. Namun, dalam bahasa Indonesia, kata whatever seringkali diartikan sebagai “terserah” atau “apa pun”.

Jenis-Jenis Penggunaan Whatever

Kata whatever dapat digunakan dalam berbagai situasi dan konteks. Berikut ini adalah beberapa jenis penggunaan whatever dalam percakapan sehari-hari:

1. Ungkapan Ketidakpedulian

Ketika seseorang tidak terlalu peduli atau tidak terlalu mempermasalahkan suatu hal, ia dapat menggunakan kata whatever dalam ungkapan seperti “I don’t care” atau “It doesn’t matter”. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:- “I don’t care about what he thinks. Whatever he says, I will do what I want.”- “It doesn’t matter if we go to the beach or the mountains. Whatever you want is fine with me.”

Pos Terkait:  Pengertian dan Contoh Prinsip Ekonomi

2. Ungkapan Ketidakpastian

Kata whatever juga dapat digunakan untuk menunjukkan ketidakpastian atau ketidaktahuan terhadap suatu hal. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:- “I don’t know what to wear tonight. Whatever, I’ll just wear something comfortable.”- “I’m not sure what the answer is. Whatever, let’s just move on to the next question.”

3. Ungkapan Terserah

Kata whatever juga sering digunakan untuk menyatakan bahwa keputusan atau pilihan ada pada orang lain. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:- “Where do you want to eat tonight?” “Whatever you want is fine with me.”- “Do you want to watch a movie or go bowling?” “Whatever you want to do is fine with me.”

Contoh Kalimat dengan Kata Whatever

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang mengandung kata whatever:- “She can do whatever she wants. It’s her life.”- “I’m not going to argue with you anymore. Whatever, I’m done.”- “Whatever happens, I will always love you.”- “You can choose whatever you want from the menu. It’s on me.”- “I don’t care what he says about me. Whatever.”

Kesimpulan

Kata whatever merupakan kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menunjukkan ketidakpedulian, ketidakpastian, atau ketidaktahuan terhadap suatu hal. Dalam bahasa Indonesia, kata ini sering diartikan sebagai “terserah” atau “apa pun”. Namun, perlu diingat bahwa penggunaannya harus disesuaikan dengan konteks dan situasi yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *