Arti Kata Vakum Bahasa Gaul: Apa Sih Maknanya?

Posted on

Pengertian Vakum Bahasa Gaul

Vakum merupakan kata yang sangat sering digunakan oleh anak muda dalam percakapan sehari-hari. Namun, tak semua orang bisa memahami arti kata vakum bahasa gaul ini. Sebenarnya, apa sih makna dari kata vakum tersebut?Vakum dalam bahasa gaul memiliki arti kosong atau tidak ada kegiatan sama sekali. Dalam dunia anak muda, vakum sering digunakan untuk menyatakan bahwa dirinya tidak melakukan apa-apa atau sedang tidak memiliki kesibukan.Contoh penggunaan kata vakum dalam kalimat sehari-hari adalah “Aku lagi vakum nih, gak ada rencana mau kemana-mana.”

Asal Usul Kata Vakum

Ternyata, kata vakum ini berasal dari bahasa Inggris yaitu “vacuum”. Namun, dalam bahasa gaul, penggunaannya berbeda dengan arti aslinya. Kata ini pertama kali muncul pada era 2000-an dan semakin populer digunakan pada era 2010-an.

Contoh Kalimat dengan Kata Vakum

Berikut ini beberapa contoh kalimat dengan penggunaan kata vakum dalam bahasa gaul:- “Lagi vakum nih, gak ada acara jadi bosen.”- “Kamu mau ngapain siang ini? Saya lagi vakum nih.”- “Biasanya di akhir pekan saya vakum di rumah aja.”

Pos Terkait:  Lagu Apuse dan Yamko Rambe Yamko Berasal dari Papua

Arti Lain dari Kata Vakum

Selain digunakan sebagai kosong atau tidak ada kegiatan, kata vakum dalam bahasa gaul juga memiliki arti lain. Beberapa di antaranya adalah:- Tidak aktif dalam media sosial- Tidak merespon pesan atau panggilan telepon- Tidak membalas chat atau email

Contoh Penggunaan Kata Vakum dalam Media Sosial

Dalam era digital seperti sekarang ini, kata vakum juga sering digunakan dalam media sosial. Beberapa contoh penggunaannya adalah:- “Aku lagi vakum dari Instagram, mau fokus sama kerjaan dulu.”- “Gak suka vakum dari grup WhatsApp, tapi lagi gak mood chattingan.”- “Lagi vakum Twitter dulu, males banget lihat berita-berita negatif.”

Kaitan dengan Istilah “Gap Year”

Kata vakum juga sering dikaitkan dengan istilah “gap year”. Gap year sendiri memiliki arti seseorang yang mengambil waktu satu tahun setelah lulus SMA atau kuliah untuk beristirahat atau melakukan kegiatan lain sebelum memulai kehidupan yang lebih serius.Dalam penggunaan bahasa gaul, gap year sering disebut vakum karena dalam satu tahun tersebut, orang tersebut tidak melakukan kegiatan akademik atau pekerjaan tetap.

Kesimpulan

Dalam bahasa gaul, kata vakum memiliki arti kosong atau tidak ada kegiatan sama sekali. Kata ini sering digunakan oleh anak muda dalam percakapan sehari-hari atau dalam media sosial. Selain itu, vakum juga sering dikaitkan dengan istilah gap year yang artinya seseorang mengambil waktu satu tahun untuk beristirahat atau melakukan kegiatan lain sebelum memulai kehidupan yang lebih serius. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memahami arti kata vakum dalam bahasa gaul.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *