Arti Kata Tarawih Adalah

Posted on

Di Indonesia, bulan Ramadan selalu menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Selama bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Selain berpuasa, umat muslim juga melakukan shalat tarawih yang dilakukan setiap malam selama bulan Ramadan. Namun, apakah arti kata tarawih sebenarnya? dalam artikel ini, kita akan membahas arti kata tarawih dengan lebih detail.

Pengertian Tarawih

Tarawih adalah salah satu jenis shalat sunnah yang dilakukan setiap malam selama bulan Ramadan. Shalat ini dilakukan setelah shalat isya dan dilakukan dengan cara berjamaah di masjid atau di rumah. Tarawih sendiri berasal dari kata “tarwihah” yang artinya “istirahat”. Hal ini dikarenakan setelah melakukan empat rakaat shalat tarawih, jamaah diberikan waktu istirahat sejenak sebelum melanjutkan shalat tarawih berikutnya.

Sejarah Tarawih

Dalam sejarahnya, shalat tarawih pertama kali diperkenalkan oleh Umar bin Khattab saat menjabat sebagai khalifah pada tahun 15 Hijriyah. Saat itu, Umar bin Khattab melihat bahwa para sahabat nabi sering melakukan shalat pada malam hari selama bulan Ramadan. Kemudian Umar bin Khattab memutuskan untuk mengumpulkan para sahabat nabi dan melakukan shalat berjamaah pada malam Ramadan tersebut. Shalat tersebut kemudian dikenal dengan nama tarawih.

Pos Terkait:  Lahir sebagai Laki-laki atau Perempuan Termasuk dalam

Cara Melakukan Shalat Tarawih

Untuk melakukan shalat tarawih, terlebih dahulu kita harus mengetahui jumlah rakaat yang harus dilakukan. Jumlah rakaat shalat tarawih adalah 11 atau 23 rakaat. Jumlah rakaat tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari mazhab yang dianut. Selain itu, shalat tarawih juga dilakukan dengan cara berjamaah dan dipimpin oleh seorang imam.

Keutamaan Shalat Tarawih

Shalat tarawih memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh umat muslim yang melakukannya. Beberapa keutamaan shalat tarawih antara lain:

  • Menambah pahala bagi umat muslim yang melakukannya
  • Menyucikan hati dan jiwa dari dosa-dosa
  • Memberikan ketenangan dan ketentraman jiwa
  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Menjalin silaturahmi dan persaudaraan antar sesama muslim

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang arti kata tarawih adalah. Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan selama bulan Ramadan. Shalat ini memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim yang melakukannya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan pemahaman yang lebih baik tentang shalat tarawih.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *