Arti Kata Sus: Apa itu Sus?

Posted on

Sus merupakan salah satu kata yang sering digunakan oleh anak muda Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bagi orang yang tidak terbiasa dengan kata ini, mungkin akan bingung dan tidak mengerti apa arti dari kata sus tersebut.

Apa itu Sus?

Sus merupakan singkatan dari kata suspicious atau curiga dalam Bahasa Inggris. Namun, dalam penggunaan sehari-hari, kata sus memiliki arti yang sedikit berbeda. Kata sus sering digunakan sebagai kata pengganti dari kata “curiga” atau “mencurigakan” dalam Bahasa Indonesia.

Contohnya, jika seseorang merasa curiga atau mencurigai seseorang atau situasi tertentu, maka dia bisa menggunakan kata sus untuk menggambarkan perasaannya tersebut. Misalnya, “aku merasa ada yang aneh dengan dia, kayaknya dia sus” atau “situasinya terlalu sus, aku jadi tidak nyaman.”

Asal Usul Kata Sus

Tidak diketahui secara pasti kapan dan dari mana asal usul kata sus berasal. Namun, kata sus pertama kali populer di kalangan anak muda Indonesia pada awal tahun 2010-an. Kata ini pertama kali muncul di kalangan gamers atau pemain game online yang menggunakan kata sus untuk menggambarkan pemain lawan yang dicurigai menggunakan cheat atau curang dalam bermain game.

Pos Terkait:  Arti Kata Aitakatta: Terjemahan dan Makna dalam Bahasa Indonesia

Kemudian, penggunaan kata sus mulai menyebar ke kalangan anak muda dan menjadi populer sebagai kata pengganti dari kata “curiga” atau “mencurigakan”. Saat ini, kata sus sudah menjadi bagian dari bahasa gaul atau slang yang sering digunakan oleh anak muda Indonesia.

Contoh Penggunaan Kata Sus dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kata sus sering digunakan dalam berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contoh penggunaan kata sus:

1. Curiga pada Seseorang

Contoh kalimat: “Aku merasa ada yang aneh dengan dia, kayaknya dia sus.”

Dalam situasi ini, kata sus digunakan untuk menggambarkan perasaan curiga seseorang terhadap orang lain. Orang tersebut merasa ada yang tidak beres atau aneh dengan orang tersebut sehingga dia merasa curiga atau mencurigakan.

2. Curiga pada Situasi

Contoh kalimat: “Situasinya terlalu sus, aku jadi tidak nyaman.”

Dalam situasi ini, kata sus digunakan untuk menggambarkan situasi yang mencurigakan atau tidak wajar. Orang tersebut merasa tidak nyaman atau tidak aman dalam situasi tersebut sehingga dia menggambarkannya sebagai situasi yang sus.

3. Menggambarkan Sesuatu Tidak Jelas

Contoh kalimat: “Aku tidak tahu kenapa, tapi rasanya ada yang sus dengan situasi ini.”

Pos Terkait:  Contoh Lokasi Absolut dan Relatif Apa Ya?

Dalam situasi ini, kata sus digunakan untuk menggambarkan situasi atau sesuatu yang tidak jelas atau tidak dapat dijelaskan secara pasti. Orang tersebut merasa ada yang tidak wajar atau tidak normal dengan situasi tersebut tetapi tidak dapat menjelaskannya secara pasti.

Penutup

Sus merupakan kata yang sering digunakan oleh anak muda Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini berasal dari singkatan kata suspicious atau curiga dalam Bahasa Inggris. Namun, dalam penggunaan sehari-hari, kata sus memiliki arti yang sedikit berbeda dan sering digunakan sebagai kata pengganti dari kata “curiga” atau “mencurigakan” dalam Bahasa Indonesia.

Kata sus pertama kali populer di kalangan gamers atau pemain game online pada awal tahun 2010-an dan kemudian menyebar ke kalangan anak muda Indonesia. Saat ini, kata sus sudah menjadi bagian dari bahasa gaul atau slang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh penggunaan kata sus dalam kehidupan sehari-hari antara lain untuk menggambarkan perasaan curiga pada seseorang atau situasi, atau untuk menggambarkan sesuatu yang tidak jelas atau tidak dapat dijelaskan secara pasti.

Related posts:
Pos Terkait:  Risih Itu Apa Maksudnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *