Arti Kata Supply: Definisi dan Pengertian Secara Lengkap

Posted on

Supply adalah kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini memiliki banyak arti dan pengertian tergantung dari konteksnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti kata supply secara mendalam dan lengkap.

Pengertian Supply

Secara umum, supply berarti pasokan atau penyediaan. Dalam konteks bisnis, supply mengacu pada proses pengiriman barang atau jasa dari satu pihak ke pihak lain yang membutuhkan. Supply juga dapat mengacu pada jumlah barang atau jasa yang tersedia untuk dijual.

Dalam ekonomi, supply mengacu pada jumlah barang atau jasa yang diproduksi dan tersedia untuk dijual di pasar pada suatu waktu tertentu. Konsep ini erat kaitannya dengan permintaan atau demand.

Jenis-Jenis Supply

Terdapat beberapa jenis supply yang perlu kita ketahui, yaitu:

1. Supply Primer

Supply primer atau primary supply adalah jenis supply yang berasal dari sumber daya alam. Contohnya adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat produk.

Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud dengan Surat?

2. Supply Sekunder

Supply sekunder atau secondary supply adalah jenis supply yang berasal dari produksi manusia. Contohnya adalah produk yang dihasilkan dari bahan baku.

3. Supply Tersier

Supply tersier atau tertiary supply adalah jenis supply yang melibatkan jasa atau layanan. Contohnya adalah jasa pengiriman barang atau jasa konsultan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Supply

Beberapa faktor yang mempengaruhi supply antara lain:

1. Harga

Harga barang atau jasa yang ditawarkan akan mempengaruhi ketersediaan supply. Jika harga naik, maka produsen akan memproduksi lebih banyak barang atau jasa untuk dijual.

2. Teknologi

Teknologi yang digunakan dalam proses produksi juga akan mempengaruhi supply. Jika teknologi yang digunakan semakin canggih, maka produksi barang atau jasa dapat dilakukan dengan lebih efisien dan lebih banyak.

3. Biaya Produksi

Biaya produksi juga akan mempengaruhi supply. Jika biaya produksi semakin tinggi, maka produsen akan memproduksi barang atau jasa dalam jumlah yang lebih sedikit.

4. Ketersediaan Bahan Baku

Ketersediaan bahan baku juga akan mempengaruhi supply. Jika bahan baku sulit didapatkan, maka produksi barang atau jasa akan terhambat.

Manfaat Supply Chain Management

Supply chain management adalah proses pengelolaan pasokan dari bahan baku hingga produk jadi sampai ke tangan konsumen. Manfaat dari supply chain management antara lain:

Pos Terkait:  Mengapa Gerabah Termasuk Seni Rupa Terapan

1. Efisiensi

Dengan mengelola pasokan dengan baik, maka produksi dapat dilakukan dengan lebih efisien dan biaya produksi dapat ditekan.

2. Peningkatan Kualitas

Dengan mengelola pasokan dengan baik, maka produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang lebih baik.

3. Penyediaan Barang yang Tepat Waktu

Dengan mengelola pasokan dengan baik, maka produk dapat disediakan tepat waktu dan dapat memenuhi permintaan konsumen.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas arti kata supply secara lengkap. Supply mengacu pada pasokan atau penyediaan barang atau jasa. Terdapat beberapa jenis supply, yaitu supply primer, supply sekunder, dan supply tersier. Faktor-faktor yang mempengaruhi supply antara lain harga, teknologi, biaya produksi, dan ketersediaan bahan baku. Supply chain management juga memiliki manfaat seperti efisiensi, peningkatan kualitas, dan penyediaan barang yang tepat waktu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *