Arti Kata Sukar dalam Bahasa Jawa

Posted on

Bahasa Jawa adalah bahasa yang kaya akan kosakata. Namun, terkadang ada kata-kata yang sulit dipahami atau diartikan. Salah satu kata yang seringkali membuat orang bingung adalah kata “sukar”.

Pengertian Sukar

Sukar adalah kata sifat dalam bahasa Jawa yang memiliki arti sulit atau susah. Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menggambarkan suatu situasi atau keadaan yang tidak mudah dihadapi atau dilakukan.

Contoh Penggunaan Kata Sukar

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata sukar dalam kalimat:

1. Ndalani bisnis iki cukup sukar, ora iso cepet balik modal. (Mengelola bisnis ini cukup sulit, tidak bisa cepat balik modal.)

2. Anakku ora bisa nganggo komputer, soale sakjane sukar banget ngoperasikake. (Anakku tidak bisa menggunakan komputer, karena sebenarnya sangat sulit untuk mengoperasikannya.)

3. Papan reklame iki ora iso dipasang, karena lokasi iki sukar banget dijangkau. (Papan reklame ini tidak bisa dipasang, karena lokasinya sangat sulit dijangkau.)

Sinonim Kata Sukar

Ada beberapa kata sinonim dalam bahasa Jawa yang memiliki arti yang mirip dengan kata sukar, antara lain:

Pos Terkait:  Arti Kata Habitat: Pengertian dan Contohnya

1. Rarang

2. Kethuk

3. Alon

Antonim Kata Sukar

Sebaliknya, ada juga beberapa kata antonim dalam bahasa Jawa yang memiliki arti kebalikan dari kata sukar, antara lain:

1. Gampang

2. Mudheng

3. Asyik

Kesimpulan

Kata sukar adalah kata sifat dalam bahasa Jawa yang memiliki arti sulit atau susah. Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menggambarkan suatu situasi atau keadaan yang tidak mudah dihadapi atau dilakukan. Ada beberapa kata sinonim dan antonim yang bisa digunakan untuk menggantikan kata sukar dalam kalimat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *