Arti Kata Sistem: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Posted on

Arti kata sistem seringkali digunakan dalam berbagai bidang, baik itu di dunia pendidikan, teknologi, hingga bisnis. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan sistem? Bagaimana cara kerjanya? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Sistem

Sistem adalah suatu kumpulan elemen yang saling berinteraksi dan saling terkait satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam sistem, terdapat input, proses, dan output yang saling terkait. Input adalah masukan atau sumber daya yang digunakan dalam sistem, proses adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk mengolah input, sedangkan output adalah hasil yang dihasilkan dari proses tersebut.

Jenis-Jenis Sistem

Berdasarkan cakupan dan karakteristiknya, sistem dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

1. Sistem Terbuka

Sistem terbuka adalah sistem yang dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam sistem terbuka, input dan output dapat berasal dari dan menuju lingkungan. Contoh sistem terbuka adalah manusia, hewan, dan tumbuhan.

2. Sistem Tertutup

Sistem tertutup adalah sistem yang tidak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Input dan output dalam sistem tertutup hanya berasal dari dalam sistem itu sendiri. Contoh sistem tertutup adalah mesin pendingin, oven, dan generator listrik.

Pos Terkait:  Arti Kata Sleep Call: Mengetahui Arti Panggilan Tidur

3. Sistem Semi-Terbuka

Sistem semi-terbuka adalah sistem yang memiliki karakteristik seperti sistem terbuka dan tertutup. Sistem ini dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, namun jumlah interaksi yang terjadi cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan sistem terbuka. Contoh sistem semi-terbuka adalah organisasi dan perusahaan.

Contoh Sistem

Berikut ini adalah beberapa contoh sistem yang seringkali ditemui:

1. Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan adalah suatu sistem yang terdiri dari elemen-elemen seperti guru, murid, kurikulum, dan sarana prasarana pendidikan. Input dalam sistem pendidikan adalah peserta didik, sedangkan prosesnya meliputi pengajaran, pembelajaran, dan evaluasi. Output dari sistem pendidikan adalah lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan.

2. Sistem Transportasi

Sistem transportasi adalah suatu sistem yang terdiri dari elemen-elemen seperti kendaraan, jalan, dan infrastruktur transportasi lainnya. Input dalam sistem transportasi adalah penumpang atau barang yang akan diangkut, sedangkan prosesnya meliputi perjalanan dari titik asal ke titik tujuan. Output dari sistem transportasi adalah penumpang atau barang yang tiba di titik tujuan.

3. Sistem Produksi

Sistem produksi adalah suatu sistem yang terdiri dari elemen-elemen seperti bahan baku, tenaga kerja, mesin dan peralatan produksi, serta proses produksi. Input dalam sistem produksi adalah bahan baku yang akan diolah menjadi produk jadi, sedangkan prosesnya meliputi tahapan pengolahan dan produksi. Output dari sistem produksi adalah produk jadi yang siap dijual ke pasar.

Pos Terkait:  Berapakah Berat Barang yang Direkomendasikan untuk Diangkat Secara Manual?

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan suatu kumpulan elemen yang saling berinteraksi dan saling terkait satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya sistem terbuka, tertutup, dan semi-terbuka. Beberapa contoh sistem yang seringkali ditemui adalah sistem pendidikan, transportasi, dan produksi.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *