Arti Kata Simbiosis: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Posted on

Simbiosis merupakan istilah yang sering digunakan dalam ilmu biologi. Namun, penggunaannya tidak terbatas pada bidang tersebut. Simbiosis juga dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah pengertian, jenis, dan contoh simbiosis.

Pengertian Simbiosis

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani, yaitu sym (bersama) dan biosis (hidup). Dalam ilmu biologi, simbiosis adalah hubungan mutualisme antara dua spesies makhluk hidup yang berbeda, yang saling menguntungkan satu sama lain.

Simbiosis dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis simbiosis.

Jenis Simbiosis

1. Mutualisme

Hubungan mutualisme terjadi ketika kedua spesies makhluk hidup saling menguntungkan satu sama lain. Contohnya adalah hubungan antara burung pemakan kutu dan hewan pemakan kutu. Burung pemakan kutu memakan kutu yang menempel pada hewan pemakan kutu, sehingga hewan pemakan kutu terbebas dari kutu yang mengganggu.

2. Komensalisme

Hubungan komensalisme terjadi ketika salah satu spesies makhluk hidup mendapatkan manfaat tanpa memberikan manfaat apapun bagi spesies yang lain. Contohnya adalah burung pemakan sisa makanan di dekat sarang tupai. Burung tersebut mendapatkan makanan, sementara tupai tidak terpengaruh dengan keberadaan burung tersebut.

Pos Terkait:  Arti Kata Kilat: Apa Itu dan Bagaimana Menggunakannya dengan Benar?

3. Parasitisme

Hubungan parasitisme terjadi ketika satu spesies makhluk hidup (parasit) merugikan spesies yang lain (inang). Contohnya adalah kutu pada hewan atau manusia. Kutu tersebut hidup dan berkembang biak pada inangnya, sehingga inangnya merasa tidak nyaman dan terganggu dengan keberadaan kutu tersebut.

Contoh Simbiosis

Berikut adalah beberapa contoh simbiosis yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Hubungan Mutualisme

Contoh hubungan mutualisme adalah hubungan antara lebah dan bunga. Lebah membutuhkan sari bunga untuk makanan, sementara bunga membutuhkan lebah untuk membantu penyerbukan. Dalam hubungan ini, lebah dan bunga saling menguntungkan satu sama lain.

2. Hubungan Komensalisme

Contoh hubungan komensalisme adalah hubungan antara ikan remora dan hiu. Ikan remora hidup menempel pada tubuh hiu, sehingga dapat mengikuti hiu ke mana saja. Ikan remora mendapatkan manfaat berupa makanan sisa-sisa yang dihasilkan oleh hiu, sementara hiu tidak terpengaruh dengan keberadaan ikan remora.

3. Hubungan Parasitisme

Contoh hubungan parasitisme adalah hubungan antara cacing pita dan manusia. Cacing pita hidup dan berkembang biak dalam usus manusia, sehingga menyebabkan gangguan dan penyakit pada manusia.

Kesimpulan

Simbiosis adalah hubungan mutualisme antara dua spesies makhluk hidup yang berbeda, yang saling menguntungkan satu sama lain. Simbiosis dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Contoh simbiosis dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *