Arti Kata Signifikan Adalah

Posted on

Kata signifikan berasal dari bahasa Latin “significare” yang artinya memberi tanda atau makna. Dalam bahasa Indonesia, kata signifikan memiliki arti penting atau berarti. Oleh karena itu, arti kata signifikan adalah sesuatu yang memiliki makna penting atau berarti.

Pengertian Signifikan

Signifikan adalah sebuah kata yang memiliki arti penting atau berarti. Kata ini digunakan untuk menyatakan bahwa suatu hal memiliki makna yang sangat penting atau berarti. Hal ini bisa merujuk pada banyak hal, seperti sebuah peristiwa, sebuah ide, atau bahkan sebuah kata.

Contoh Penggunaan Kata Signifikan

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata signifikan dalam kalimat:

1. Pendidikan memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembentukan karakter seseorang.

2. Peristiwa kematian ibu saya memiliki arti signifikan dalam hidup saya.

3. Penemuan vaksin Covid-19 adalah sebuah peristiwa yang sangat signifikan dalam sejarah dunia.

Arti Kata Signifikan dalam Kehidupan Sehari-hari

Kata signifikan sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, ketika kita mengatakan bahwa sebuah peristiwa memiliki arti signifikan, kita mengindikasikan bahwa peristiwa tersebut sangat penting dan memiliki dampak yang besar dalam hidup kita.

Pos Terkait:  Mengapa Kombinasi Gerak Berirama Dilakukan dengan Ketukan atau Hitungan

Kata signifikan juga sering digunakan dalam bahasa ilmiah, khususnya dalam penelitian dan eksperimen. Dalam konteks ini, kata signifikan digunakan untuk menyatakan bahwa suatu hasil eksperimen atau penelitian memiliki nilai atau dampak yang signifikan dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Signifikasi dalam Statistik

Dalam statistik, signifikasi atau significance adalah sebuah konsep yang digunakan untuk menyatakan apakah suatu hasil penelitian atau eksperimen memiliki nilai atau dampak yang signifikan secara statistik. Hal ini dilakukan dengan menghitung tingkat kepercayaan atau confidence level dari hasil penelitian atau eksperimen tersebut.

Contohnya, jika hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan suatu produk adalah 99%, maka hal ini dianggap signifikan secara statistik. Namun, jika tingkat keberhasilannya hanya 50%, maka hasil tersebut tidak dianggap signifikan secara statistik.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari, kata signifikan digunakan untuk menyatakan bahwa suatu hal memiliki makna atau dampak yang sangat penting atau berarti. Dalam ilmu pengetahuan, kata signifikan digunakan untuk menyatakan apakah suatu hasil penelitian atau eksperimen memiliki nilai atau dampak yang signifikan secara statistik.

Related posts:
Pos Terkait:  Bunga Tulip di Belanda Bulan Apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *