Arti Kata PMS Wanita: Kenali Gejalanya dan Cara Mengatasinya

Posted on

Bagi sebagian besar wanita, PMS atau premenstrual syndrome menjadi momok yang menakutkan. PMS adalah kondisi yang terjadi pada sebagian wanita menjelang menstruasi. Kondisi ini ditandai dengan gejala fisik dan psikologis yang cukup menyiksa. Lalu, apa arti kata PMS wanita? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa Itu PMS?

PMS adalah singkatan dari premenstrual syndrome. Kondisi ini terjadi pada sebagian wanita menjelang menstruasi. PMS dapat menimbulkan gejala fisik dan psikologis yang cukup menyiksa, seperti sakit kepala, perut kembung, dan perubahan mood yang drastis.

Apa Saja Gejala PMS?

Gejala PMS dapat bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya. Namun, beberapa gejala yang umum terjadi pada PMS antara lain:

  • Sakit kepala
  • Perut kembung
  • Perubahan mood yang drastis
  • Susah tidur atau insomnia
  • Nyeri pada payudara
  • Mual dan muntah
  • Nyeri pinggang

Gejala PMS biasanya muncul 1-2 minggu sebelum menstruasi dan akan hilang setelah menstruasi selesai. Namun, pada beberapa wanita, gejala PMS dapat terus berlanjut hingga menstruasi berakhir.

Pos Terkait:  10 Cara Menjadi Administrator Pendidikan

Apa Penyebab PMS?

Belum diketahui secara pasti apa penyebab PMS. Namun, para ahli berpendapat bahwa perubahan hormon estrogen dan progesteron menjelang menstruasi dapat memicu terjadinya PMS. Selain itu, faktor psikologis seperti stres dan kecemasan juga dapat memperburuk gejala PMS.

Bagaimana Cara Mengatasi PMS?

Tidak ada pengobatan yang spesifik untuk PMS. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala PMS, seperti:

  • Olahraga secara teratur
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang
  • Menghindari makanan yang dapat memperburuk gejala PMS, seperti kopi, cokelat, dan makanan yang mengandung banyak garam
  • Menjaga kesehatan mental dengan melakukan relaksasi dan meditasi
  • Mengonsumsi suplemen vitamin B6 dan magnesium

Jika gejala PMS mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Anda sebaiknya menghubungi dokter jika gejala PMS mengganggu aktivitas sehari-hari atau jika gejala semakin parah dari waktu ke waktu. Dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai untuk mengatasi gejala PMS.

Kesimpulan

PMS atau premenstrual syndrome adalah kondisi yang terjadi pada sebagian wanita menjelang menstruasi. Kondisi ini ditandai dengan gejala fisik dan psikologis yang cukup menyiksa, seperti sakit kepala, perut kembung, dan perubahan mood yang drastis. Tidak ada pengobatan yang spesifik untuk PMS, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala PMS, seperti olahraga secara teratur, makan makanan yang sehat dan seimbang, dan menghindari makanan yang dapat memperburuk gejala PMS. Jika gejala PMS mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *