Arti Kata Pengantar: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Posted on

Arti kata pengantar adalah sebuah kata atau kalimat yang digunakan sebagai pembuka atau pendahuluan suatu tulisan atau pidato. Kata pengantar juga sering disebut dengan istilah kata pembuka atau kata intro. Fungsi dari kata pengantar sendiri adalah untuk memberikan gambaran umum tentang isi tulisan atau pidato yang akan dijelaskan lebih lanjut.

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar memiliki pengertian yang cukup luas dan bervariasi tergantung pada konteks penggunaannya. Secara umum, kata pengantar adalah sebuah kata atau kalimat yang digunakan untuk memperkenalkan atau memberikan gambaran awal tentang suatu tulisan atau pidato. Kata pengantar biasanya diletakkan di awal tulisan atau pidato dan bertujuan untuk menarik minat pembaca atau pendengar agar tertarik untuk membaca atau mendengarkan seluruh isi tulisan atau pidato.

Contoh penggunaan kata pengantar yang sering kita jumpai adalah pada buku. Pada bagian awal buku, biasanya terdapat kata pengantar yang ditulis oleh pengarang atau orang yang terkait dengan pembuatan buku tersebut. Kata pengantar pada buku ini berfungsi untuk memberikan gambaran umum tentang isi buku dan memberikan motivasi kepada pembaca untuk membaca seluruh isi buku tersebut.

Pos Terkait:  Bagaimana Proses Sebuah Identitas Terbentuk?

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam sebuah tulisan atau pidato. Fungsi utama dari kata pengantar adalah sebagai berikut:

1. Memberikan gambaran umum

Fungsi pertama dari kata pengantar adalah memberikan gambaran umum tentang isi tulisan atau pidato yang akan dijelaskan lebih lanjut. Dengan membaca kata pengantar, pembaca atau pendengar dapat mengetahui apa yang akan dijelaskan dalam tulisan atau pidato tersebut.

2. Membuat pembaca atau pendengar tertarik

Fungsi kedua dari kata pengantar adalah membuat pembaca atau pendengar tertarik untuk membaca atau mendengarkan seluruh isi tulisan atau pidato. Kata pengantar yang menarik dapat membuat pembaca atau pendengar penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak tentang tulisan atau pidato tersebut.

3. Membuat tulisan atau pidato lebih mudah dipahami

Fungsi ketiga dari kata pengantar adalah membuat tulisan atau pidato lebih mudah dipahami. Dengan adanya kata pengantar yang baik, pembaca atau pendengar dapat lebih mudah memahami isi tulisan atau pidato tersebut.

Contoh Kata Pengantar

Berikut ini adalah beberapa contoh kata pengantar yang sering digunakan dalam tulisan atau pidato:

1. Pengantar pada buku

“Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku ini. Buku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang teknologi informasi kepada pembaca. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjadi sumber referensi yang baik.”

Pos Terkait:  10 Alasan Memilih Kuliah di Unwar

2. Pengantar pada pidato

“Selamat pagi semua. Terima kasih telah hadir di acara ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan yang bersih dan sehat sangat penting bagi kesehatan kita semua. Saya harap dengan adanya pidato ini, kita semua dapat lebih peduli dan memperhatikan kebersihan lingkungan.”

3. Pengantar pada artikel

“Halo semua. Selamat datang di blog kami. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang manfaat olahraga untuk kesehatan. Olahraga adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang manfaat olahraga dan jenis-jenis olahraga yang dapat dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.”

Kesimpulan

Arti kata pengantar adalah sebuah kata atau kalimat yang digunakan sebagai pembuka atau pendahuluan suatu tulisan atau pidato. Kata pengantar berfungsi untuk memberikan gambaran umum tentang isi tulisan atau pidato yang akan dijelaskan lebih lanjut. Dengan adanya kata pengantar yang baik, pembaca atau pendengar dapat lebih mudah memahami isi tulisan atau pidato tersebut. Contoh penggunaan kata pengantar yang sering kita jumpai adalah pada buku, pidato, dan artikel.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *