Arti Kata Penalti dan Segala Hal yang Perlu Diketahui

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan kata ‘penalti’? Bagi para pecinta sepak bola, kata ini tentu sudah sangat familiar di telinga. Namun, apakah kita semua benar-benar memahami arti kata penalti secara utuh? Simak penjelasan berikut ini.

Definisi Penalti

Penalti adalah suatu tindakan yang diambil oleh wasit pada pertandingan sepak bola sebagai bentuk hukuman untuk tim yang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Penalti biasanya diambil ketika sebuah pelanggaran terjadi di dalam kotak penalti dan mengakibatkan tim lawan kehilangan kesempatan mencetak gol.

Tindakan penalti sendiri dilakukan dengan cara menghadapkan satu pemain dari tim yang melakukan pelanggaran dan satu penjaga gawang dari tim lawan. Pemain yang melakukan penalti kemudian menendang bola ke arah gawang dan mencoba untuk mencetak gol.

Sejarah Penalti

Sejarah penalti pada awalnya dimulai pada tahun 1891 ketika pertandingan sepak bola masih dalam bentuk yang sangat berbeda dengan saat ini. Pada saat itu, tidak ada tindakan penalti dan wasit hanya memberikan tendangan bebas kepada tim yang dirugikan.

Pos Terkait:  Hasil dari Kekuatan dan Kecepatan Adalah A. Kelincahan B.

Namun pada tahun 1891, seorang wasit bernama William McCrum mengusulkan untuk membuat aturan baru yang mengharuskan wasit memberikan tindakan penalti pada tim yang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Aturan ini kemudian disahkan dan menjadi bagian dari aturan resmi dalam permainan sepak bola.

Aturan Penalti

Aturan penalti dalam sepak bola cukup sederhana. Sebuah penalti diberikan apabila terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti. Pemain yang melakukan pelanggaran ditunjuk untuk melakukan penalti dan harus menghadapi penjaga gawang dari tim lawan.

Penalti dilakukan dengan meletakkan bola di titik putih di tengah-tengah kotak penalti dan pemain yang melakukan penalti harus menendang bola ke arah gawang. Pemain lain dari tim yang melakukan pelanggaran tidak diizinkan untuk berada di dalam kotak penalti ketika penalti dilakukan.

Jenis Pelanggaran yang Mengakibatkan Penalti

Ada beberapa jenis pelanggaran yang dapat mengakibatkan tindakan penalti. Berikut beberapa di antaranya:

1. Handball

Handball adalah pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam kotak penalti. Hal ini dapat menyebabkan tim lawan kehilangan peluang mencetak gol dan wasit akan memberikan tindakan penalti sebagai hukuman.

Pos Terkait:  Perkiraan Biaya Hidup di Bandung

2. Tackle Kasar

Tackle kasar adalah pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain melakukan tackling dengan cara yang berbahaya terhadap pemain lawan di dalam kotak penalti. Hal ini dapat menyebabkan cedera serius dan wasit akan memberikan tindakan penalti sebagai hukuman.

3. Foul Terhadap Pemain

Pelanggaran ini terjadi ketika seorang pemain melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan di dalam kotak penalti. Hal ini dapat mengakibatkan pemain lawan kehilangan peluang mencetak gol dan wasit akan memberikan tindakan penalti sebagai hukuman.

Prosedur Penalti

Prosedur penalti cukup sederhana. Pemain yang melakukan penalti harus meletakkan bola di titik putih di tengah-tengah kotak penalti dan kemudian menendang bola ke arah gawang. Penjaga gawang dari tim lawan harus berada di antara tiang gawang dan tidak diizinkan untuk bergerak sebelum pemain yang melakukan penalti menendang bola.

Prosedur penalti juga melarang pemain lain dari tim yang melakukan pelanggaran untuk berada di dalam kotak penalti ketika penalti dilakukan. Jika wasit menemukan pelanggaran ini, maka penalti akan diulang.

Strategi Penalti

Menendang bola ke arah gawang dari jarak yang sangat dekat dengan penjaga gawang tidaklah mudah. Oleh karena itu, pemain yang melakukan penalti harus memperhatikan beberapa hal agar bisa mencetak gol. Beberapa strategi yang bisa dilakukan antara lain:

Pos Terkait:  Indonesia dan Peranannya dalam Berdirinya ASEAN

1. Mengamati Penjaga Gawang

Sebelum menendang bola, pemain yang melakukan penalti harus mengamati gerakan penjaga gawang. Hal ini berguna untuk mengetahui arah gerakan penjaga gawang dan menentukan arah tendangan yang tepat.

2. Menjaga Ketenangan

Menjaga ketenangan sangatlah penting dalam mengeksekusi penalti. Pemain yang terlalu gugup atau tegang bisa mengalami kesulitan dalam menendang bola dengan tepat. Oleh karena itu, pemain yang melakukan penalti harus menjaga ketenangan dan konsentrasi.

3. Menentukan Arah Tendangan dengan Tepat

Menentukan arah tendangan yang tepat sangatlah penting dalam mengeksekusi penalti. Pemain yang bisa menentukan arah tendangan dengan tepat memiliki peluang yang lebih besar untuk mencetak gol.

Kesimpulan

Penalti adalah tindakan hukuman yang diberikan kepada tim yang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Penalti dilakukan dengan cara menendang bola ke arah gawang dan menjadi salah satu momen yang sering membuat penonton berdebar-debar. Dalam mengeksekusi penalti, pemain harus memperhatikan beberapa hal seperti strategi dan ketenangan agar bisa mencetak gol dengan tepat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *