Arti Kata Pada – Pengertian dan Contoh Kalimat

Posted on

Arti kata pada mempunyai banyak makna sesuai dengan konteks kalimat yang digunakan. Pada umumnya, kata pada digunakan sebagai penghubung atau preposisi yang menyatakan tempat, waktu, atau keadaan.

Pengertian Pada

Pada adalah kata depan yang berfungsi sebagai penanda tempat, waktu, atau keadaan dalam sebuah kalimat. Kata pada bisa berdiri sendiri atau digunakan bersamaan dengan kata lain untuk membentuk frasa.

Kata pada juga bisa digunakan sebagai kata sambung yang menghubungkan dua kalimat dengan arti yang sama atau saling melengkapi.

Contoh Penggunaan Pada

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata pada dalam kalimat:

1. Pada waktu itu, saya sedang makan di restoran.

Kata pada pada kalimat di atas menunjukkan waktu atau saat terjadinya suatu kejadian. Kalimat tersebut dapat diartikan sebagai “Saat itu, saya sedang makan di restoran.”

2. Buku yang saya cari ada pada rak nomor lima di perpustakaan.

Di sini, kata pada menunjukkan tempat atau lokasi sesuatu. Kalimat tersebut dapat diartikan sebagai “Buku yang saya cari ada di rak nomor lima di perpustakaan.”

Pos Terkait:  Garis Pembatas Meja Tenis Meja Diberi Warna Apa

3. Pada dasarnya, manusia mempunyai hak untuk memilih.

Kata pada pada kalimat di atas berarti “pada hakikatnya” atau “sebenarnya”. Kalimat tersebut dapat diartikan sebagai “Secara hakikat, manusia mempunyai hak untuk memilih.”

4. Pada akhirnya, dia memutuskan untuk resign dari pekerjaannya.

Kata pada pada kalimat di atas menunjukkan waktu atau saat yang paling akhir dari suatu kejadian. Kalimat tersebut dapat diartikan sebagai “Akhirnya, dia memutuskan untuk resign dari pekerjaannya.”

Kata Pada dalam Frasa

Kata pada juga sering digunakan dalam frasa yang terdiri dari dua atau lebih kata. Berikut adalah beberapa contoh frasa dengan kata pada:

1. Pada akhirnya

Artinya “pada waktu yang terakhir atau akhir dari suatu kejadian”. Contoh kalimat: “Pada akhirnya, dia menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minatnya.

2. Pada dasarnya

Artinya “pada hakikatnya atau sebenarnya”. Contoh kalimat: “Pada dasarnya, manusia mempunyai hak untuk hidup layak.”

3. Pada umumnya

Artinya “biasanya atau lazim terjadi pada mayoritas orang”. Contoh kalimat: “Pada umumnya, orang Indonesia suka makan nasi.”

4. Pada saat itu

Artinya “pada waktu atau saat terjadinya suatu kejadian”. Contoh kalimat: “Pada saat itu, saya sedang berkunjung ke rumah saudara.”

Pos Terkait:  Apa Bedanya Pola Umum dan Pola Khusus?

Kata Pada sebagai Kata Sambung

Selain itu, kata pada juga bisa digunakan sebagai kata sambung yang menghubungkan dua kalimat dengan arti yang sama atau saling melengkapi. Contoh kalimat:

1. Dia sibuk dengan pekerjaannya, pada saat yang sama dia juga mengurus anaknya yang masih kecil.

Kata pada dalam kalimat di atas berfungsi sebagai penghubung antara dua kalimat dengan arti yang sama atau saling melengkapi.

2. Saya akan membeli buku tersebut, pada syarat bahwa harganya masih terjangkau.

Kata pada pada kalimat di atas berfungsi sebagai penghubung antara dua kalimat dengan arti yang sama atau saling melengkapi.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang arti kata pada dan beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat. Kata pada mempunyai banyak makna sesuai dengan konteks kalimat yang digunakan. Oleh karena itu, perlu memahami arti kata pada secara menyeluruh agar dapat digunakan dengan tepat dalam percakapan atau penulisan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *