Arti Kata Kristen dalam Bahasa Ibrani

Posted on

Arti kata Kristen dalam bahasa Ibrani menjadi penting bagi orang-orang Kristen yang ingin mempelajari asal-usul kata-kata yang digunakan dalam Kitab Suci. Bahasa Ibrani adalah bahasa asli yang digunakan dalam Alkitab Ibrani dan sebagian besar Perjanjian Lama.

Pengantar

Jika Anda ingin memahami arti kata Kristen dalam bahasa Ibrani, maka Anda perlu mengenal beberapa kata dasar dalam bahasa Ibrani. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kata-kata penting yang digunakan dalam Kitab Suci dan apa arti mereka.

Yahweh

Yahweh adalah nama Allah dalam bahasa Ibrani. Nama ini pertama kali muncul dalam Kitab Keluaran di mana Allah mengungkapkan dirinya sebagai “Aku adalah Aku”. Nama Yahweh sering disebut sebagai “Tetragrammaton”, yang artinya empat huruf. Nama ini dianggap sakral oleh orang-orang Yahudi dan Kristen, dan biasanya tidak diucapkan dalam percakapan sehari-hari.

Abba

Abba adalah kata Ibrani untuk ayah. Kata ini muncul dalam Perjanjian Baru ketika Yesus berdoa di Taman Getsemani dan memanggil Allah sebagai Abba. Kata Abba menunjukkan hubungan pribadi dan intim antara Yesus dan Allah sebagai Bapa-Nya. Kata ini sering digunakan dalam doa Kristen sebagai ekspresi dari hubungan yang intim dengan Allah.

Pos Terkait:  Arti Kata Briefing: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Messias

Messias adalah kata Ibrani yang berarti “yang diurapi”. Dalam Kitab Suci, orang-orang yang diurapi adalah raja-raja dan imam-imam. Dalam Perjanjian Baru, kata Messias digunakan untuk merujuk pada Yesus sebagai Juru Selamat dan Raja orang Yahudi. Meskipun orang Yahudi masih menunggu kedatangan seorang Messias, orang Kristen percaya bahwa Yesus adalah Messias yang dijanjikan.

Ruach

Ruach adalah kata Ibrani untuk roh atau nafas. Kata ini muncul dalam Kitab Suci ketika Allah menciptakan manusia dan meniupkan nafas ke dalam hidungnya. Ruach juga digunakan untuk merujuk pada Roh Kudus, yang dianggap sebagai kekuatan yang memampukan orang Kristen untuk mengikuti kehendak Allah.

Sinagoga

Sinagoga adalah kata Ibrani untuk gedung ibadah. Kata ini muncul dalam Kitab Suci ketika Yesus mengajar di sinagoga di Nazaret. Sinagoga menjadi tempat ibadah bagi orang Yahudi setelah Bait Suci di Yerusalem dihancurkan oleh bangsa Romawi pada tahun 70 M. Sinagoga masih menjadi tempat ibadah bagi orang Yahudi hingga saat ini.

Taurat

Taurat adalah kata Ibrani untuk kitab hukum yang terdiri dari lima kitab pertama dalam Kitab Suci. Taurat dianggap sebagai kitab suci yang paling penting bagi orang Yahudi. Kitab ini berisi hukum-hukum Allah yang harus diikuti oleh umat-Nya. Bagi orang Kristen, Taurat juga dianggap penting karena mengandung banyak prinsip moral yang berlaku bagi semua orang.

Pos Terkait:  Arti Kata Fakta Adalah: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Imanuel

Imanuel adalah kata Ibrani yang berarti “Allah beserta kita”. Kata ini muncul dalam Kitab Yesaya ketika nabi itu meramalkan kelahiran seorang anak yang akan disebut Imanuel. Dalam Perjanjian Baru, kata Imanuel digunakan untuk merujuk pada Yesus sebagai bukti bahwa Allah ada bersama umat manusia dan merayakan kelahiran-Nya pada hari Natal.

Kekekalan

Kekekalan adalah kata Ibrani yang berarti keabadian atau ketidakberakhirannya. Kata ini muncul dalam Kitab Suci ketika Allah menjanjikan kekekalan bagi orang yang percaya pada-Nya. Bagi orang Kristen, kekekalan adalah janji Allah bahwa hidup akan berlanjut setelah kematian dan bahwa mereka akan hidup selamanya bersama dengan-Nya di surga.

Penutup

Arti kata Kristen dalam bahasa Ibrani adalah penting bagi orang-orang Kristen yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Kitab Suci. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa kata penting dalam bahasa Ibrani dan apa arti mereka. Dengan memahami arti kata-kata ini, kita dapat lebih mendalami iman kita dan mengalami hubungan yang lebih intim dengan Allah.

Related posts:
Pos Terkait:  5 Contoh Patung Non Figuratif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *