Arti Kata Kali

Posted on

Pengertian Kali

Kali merupakan salah satu kata dalam bahasa Indonesia yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kali memiliki beberapa arti yang berbeda tergantung dari konteks kalimat yang digunakan. Secara umum, kali dapat diartikan sebagai sungai kecil atau anak sungai. Namun, kata kali juga sering digunakan untuk menyatakan frekuensi atau jumlah suatu kejadian.

Arti Kali sebagai Sungai Kecil

Kali dalam arti sebagai sungai kecil atau anak sungai, umumnya merujuk pada aliran air yang lebih kecil dibandingkan dengan sungai utama. Kali ini biasanya terbentuk dari aliran air yang berasal dari pegunungan atau lembah. Kali juga dapat menjadi sumber air untuk kebutuhan masyarakat sekitar.Contoh penggunaan kali dalam arti sungai kecil adalah “Saya tinggal di desa yang terletak di sebelah sungai besar, tetapi untuk mencuci pakaian saya harus pergi ke kali yang ada di sebelah rumah saya.” Dalam kalimat tersebut, kali diartikan sebagai sungai kecil yang terletak di dekat rumah.

Arti Kali sebagai Frekuensi atau Jumlah

Selain digunakan sebagai kata untuk menyatakan sungai kecil, kata kali juga sering digunakan untuk menyatakan frekuensi atau jumlah suatu kejadian. Contoh penggunaannya adalah “Saya sudah makan nasi tiga kali hari ini” atau “Saya sudah pergi ke Jakarta empat kali tahun ini.”Dalam penggunaannya sebagai kata untuk menyatakan frekuensi atau jumlah, kata kali dapat diganti dengan kata “kali lipat.” Contohnya adalah “Saya sudah makan nasi tiga kali lipat hari ini” atau “Saya sudah pergi ke Jakarta empat kali lipat tahun ini.”

Pos Terkait:  Ini Fungsi Transmisi pada Kendaraan

Contoh Kalimat dengan Kata Kali

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata kali:1. “Saya sudah ke Bali dua kali tahun ini.”2. “Anak-anak itu bermain di kali yang ada di dekat rumah mereka.”3. “Saya sudah mencoba makanan di restoran itu tiga kali, tetapi rasanya tetap sama.”4. “Dia sudah membaca buku itu lima kali, tetapi masih belum mengerti.”5. “Saya mencoba menanam sayuran di kebun saya dua kali, tetapi selalu gagal.”

Kesimpulan

Kata kali memiliki beberapa arti yang berbeda tergantung dari konteks kalimat yang digunakan. Secara umum, kali dapat diartikan sebagai sungai kecil atau anak sungai. Namun, kata kali juga sering digunakan untuk menyatakan frekuensi atau jumlah suatu kejadian. Dalam penggunaannya, perlu diperhatikan konteks kalimat agar tidak terjadi salah pengertian.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *