Arti Kata Ikhtiar: Menemukan Makna di Balik Kata

Posted on

Ikhtiar adalah sebuah kata dalam bahasa Arab yang sering dipakai dalam bahasa Indonesia. Kata ini memiliki arti mencoba atau berusaha. Namun, sebenarnya ada makna yang lebih dalam dari kata ikhtiar ini.

Asal Usul Kata Ikhtiar

Kata ikhtiar berasal dari kata dasar خير yang berarti kebaikan. Kata ikhtiar sendiri bermakna memilih sesuatu yang terbaik dari beberapa pilihan yang ada. Kata ini sering dipakai dalam bahasa agama Islam sebagai bagian dari konsep tawakkal, yaitu mempercayakan segala urusan kepada Allah sambil tetap berusaha maksimal.

Makna Ikhtiar dalam Kehidupan

Ikhtiar menjadi sebuah konsep penting dalam kehidupan manusia. Kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin, sementara hasil akhir dari usaha itu tidak sepenuhnya tergantung pada kita. Kita harus tetap berusaha dan berdoa, sambil mempercayakan hasil akhir kepada Tuhan.

Sebagai contoh, ketika mencari pekerjaan, kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh agar diterima di perusahaan yang kita inginkan. Namun, pada akhirnya, keputusan diterima atau tidaknya kita menjadi karyawan pada perusahaan tersebut bukan sepenuhnya tergantung pada kemampuan kita, melainkan juga faktor lain seperti kebijakan perusahaan dan persaingan dengan kandidat lain.

Pos Terkait:  5% sama dengan berapa rupiah

Tawakkal dan Ikhtiar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsep ikhtiar tidak bisa dipisahkan dari konsep tawakkal. Tawakkal bermakna mempercayakan segala urusan kepada Allah, sambil tetap berusaha maksimal. Dalam Islam, ikhtiar dan tawakkal merupakan konsep yang saling melengkapi.

Seorang muslim harus berusaha dengan sebaik-baiknya, sambil tetap mempercayakan segala urusannya kepada Allah. Ketika merasa putus asa atau kecewa karena hasil usaha yang tidak memuaskan, seorang muslim harus tetap yakin bahwa semua itu adalah bagian dari rencana Allah yang lebih besar.

Ikhtiar dalam Kehidupan Beragama

Konsep ikhtiar juga sangat penting dalam kehidupan beragama. Sebagai seorang muslim, kita harus berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan ibadah, seperti shalat, puasa, dan zakat. Namun, pada akhirnya, hanya Allah yang menentukan apakah ibadah kita diterima atau tidak.

Seperti yang disebutkan dalam Al-Quran, “Sesungguhnya Allah menerima taubat hamba-Nya dan memaafkan dosa-dosanya, dan Allah mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Zumar: 53).

Ikhtiar dalam Kehidupan Sehari-hari

Meskipun konsep ikhtiar sering dikaitkan dengan kehidupan beragama, sebenarnya konsep ini juga penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuannya, sambil tetap mempercayakan hasil akhir kepada Tuhan.

Pos Terkait:  Apa Arti Kata Komunikatif pada Ciri Bahasa dalam Iklan?

Ikhtiar juga berarti memilih sesuatu yang terbaik dari beberapa pilihan yang ada. Ketika akan memilih antara dua hal yang sama-sama baik, kita harus berusaha memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Kesimpulan

Arti kata ikhtiar tidak hanya sekedar berusaha atau mencoba, melainkan juga memilih yang terbaik dari beberapa pilihan yang ada. Konsep ikhtiar tidak bisa dipisahkan dari konsep tawakkal, yaitu mempercayakan segala urusan kepada Allah sambil tetap berusaha semaksimal mungkin.

Konsep ikhtiar sangat penting dalam kehidupan manusia, baik dalam kehidupan beragama maupun kehidupan sehari-hari. Setiap orang harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuannya, sambil tetap mempercayakan hasil akhir kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *