Arti Kata Ikhtiar dalam Islam

Posted on

Ikhtiar adalah kata yang sering kita dengar dalam agama Islam. Namun, apa sebenarnya arti dari kata ikhtiar dalam Islam? Ikhtiar memiliki pengertian yang luas, namun pada dasarnya, ikhtiar adalah usaha atau tindakan yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai tujuan atau mendapatkan hasil yang diinginkan.

Dalam konteks agama Islam, ikhtiar juga sering diartikan sebagai usaha manusia dalam mencapai keberhasilan atau kesuksesan dalam kehidupan dunia dan akhirat. Ikhtiar adalah salah satu konsep penting dalam Islam, karena Allah SWT mengajarkan manusia untuk selalu berusaha keras dan tidak berputus asa dalam mencapai tujuan.

Ikhtiar dalam Al-Quran

Ikhtiar juga sering disebut dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu menganggap bahwa Allah lengah terhadap apa yang diperbuat oleh orang-orang zalim. Sesungguhnya Allah menunda mereka untuk suatu waktu yang tertentu, maka tiba-tiba mereka akan dihadapkan kepada-Nya.” (Ibrahim: 42). Ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT mengajarkan manusia untuk selalu berusaha dan tidak berputus asa dalam mencapai tujuan, karena Allah akan menolong hamba-Nya yang berusaha dengan ikhtiar.

Di sisi lain, Allah juga mengajarkan manusia untuk selalu tawakal dan berserah diri kepada-Nya. Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tidak ada yang berputus asa dari rahmat Allah kecuali orang-orang yang kafir.” (Yusuf: 87). Ayat ini menunjukkan pentingnya tawakal dalam ikhtiar, karena manusia tidak akan bisa mencapai tujuan tanpa bantuan dan pertolongan Allah SWT.

Pos Terkait:  Contoh Notulen Rapat: Panduan Lengkap

Ikhtiar dan Tawakal

Ikhtiar dan tawakal adalah dua konsep yang saling berkaitan dalam Islam. Ikhtiar adalah usaha manusia dalam mencapai tujuan, sementara tawakal adalah berserah diri dan menyadari bahwa segala sesuatu tergantung sepenuhnya kepada Allah SWT. Dalam konteks ikhtiar dan tawakal, manusia harus selalu berusaha dengan ikhtiar dan tidak berputus asa, namun juga harus selalu tawakal dan berserah diri kepada Allah SWT.

Contohnya, ketika seseorang ingin mencari pekerjaan, dia harus berusaha mencari pekerjaan dengan ikhtiar, seperti mengirimkan surat lamaran, mengikuti tes, dan sebagainya. Namun, dia juga harus selalu tawakal dan berserah diri kepada Allah SWT, karena hanya Allah yang menentukan apakah dia akan diterima atau tidak.

Ikhtiar dalam Kehidupan Sehari-hari

Ikhtiar juga berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang membutuhkan ikhtiar, seperti mencari nafkah, merawat keluarga, dan sebagainya. Ikhtiar juga membutuhkan ketekunan, kesabaran, dan keuletan dalam mencapai tujuan.

Contohnya, ketika seseorang ingin membuka usaha, dia harus berusaha dengan ikhtiar, seperti membuat rencana bisnis, mencari modal, dan sebagainya. Namun, dia juga harus selalu tawakal dan berserah diri kepada Allah SWT, karena hanya Allah yang menentukan keberhasilan usaha tersebut.

Pos Terkait:  Mengapa Musik Populer Sangat Digemari oleh Masyarakat Indonesia

Kesimpulan

Ikhtiar adalah usaha atau tindakan yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai tujuan atau mendapatkan hasil yang diinginkan. Dalam agama Islam, ikhtiar juga sering diartikan sebagai usaha manusia dalam mencapai keberhasilan atau kesuksesan dalam kehidupan dunia dan akhirat. Ikhtiar sangat penting dalam Islam, karena Allah SWT mengajarkan manusia untuk selalu berusaha keras dan tidak berputus asa dalam mencapai tujuan. Namun, manusia juga harus selalu tawakal dan berserah diri kepada Allah SWT, karena hanya Allah yang menentukan segala sesuatu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *