Arti Kata Futsal: Memahami Istilah dalam Olahraga Futsal

Posted on

Futsal merupakan olahraga yang semakin populer di Indonesia. Olahraga ini sering dimainkan di lingkungan sekolah, perkumpulan, dan klub-klub olahraga. Namun, bagi pemula, mungkin masih bingung dengan beberapa istilah yang sering digunakan dalam futsal. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tentang arti kata futsal dan istilah-istilah yang sering digunakan dalam olahraga ini.

Apa itu Futsal?

Futsal adalah olahraga yang dimainkan dengan menggunakan bola kecil dan lapangan yang lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain, termasuk satu kiper. Tujuan dari permainan ini adalah mencetak gol ke gawang lawan dengan cara memasukkan bola ke dalam gawang.

Arti Kata Futsal

Kata futsal sendiri berasal dari bahasa Spanyol yaitu futbol sala. Futbol artinya sepak bola dan sala artinya ruangan atau gedung. Sehingga, secara harfiah futsal berarti sepak bola dalam ruangan. Meskipun olahraga ini sering dimainkan di dalam gedung, namun saat ini futsal juga sering dimainkan di lapangan terbuka.

Pos Terkait:  PTS Adalah Singkatan dari Apa?

Istilah-istilah dalam Futsal

Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam futsal:

1. Kick-off

Merupakan cara memulai pertandingan, dimana bola diposisikan di tengah lapangan dan satu pemain dari setiap tim dapat mengambil bola dan mulai memainkan bola.

2. Free Kick

Merupakan tendangan bebas yang diberikan kepada tim yang melawan ketika terjadi pelanggaran oleh pemain lawan.

3. Corner Kick

Merupakan tendangan pojok yang diberikan kepada tim yang menyerang ketika bola keluar lapangan lewat garis gawang yang dipertahankan oleh tim lawan.

4. Penalty Kick

Merupakan tendangan penalti yang diberikan kepada tim yang menyerang ketika terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti oleh pemain lawan.

5. Goal

Merupakan gol yang dicetak oleh salah satu tim ke gawang lawan.

6. Yellow Card

Kartu kuning diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran minor seperti melakukan protes terhadap wasit atau melakukan pelanggaran ringan.

7. Red Card

Kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran serius seperti melakukan tekel keras atau melakukan tindakan kekerasan terhadap pemain lawan.

8. Foul

Melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan seperti melakukan tekel keras atau melakukan tindakan kekerasan terhadap pemain lawan.

Pos Terkait:  Arti Kata Farmer: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

9. Kiper

Merupakan pemain yang berada di bawah mistar gawang dan tugasnya adalah menjaga gawang agar tidak kebobolan.

10. Striker

Merupakan pemain yang bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Kesimpulan

Futsal adalah olahraga yang semakin populer di Indonesia. Dalam olahraga ini terdapat beberapa istilah yang perlu dipahami agar dapat memainkan futsal dengan baik. Semoga artikel tentang arti kata futsal dan istilah-istilah dalam olahraga futsal ini dapat membantu Anda memahami istilah-istilah dalam futsal dan menjadi pemain futsal yang lebih baik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *