Arti Kata Era: Makna, Pengertian, dan Contoh Kalimat

Posted on

Apakah kamu pernah mendengar kata “era”? Ya, kata ini memang sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari maupun dalam berbagai media, seperti televisi, radio, dan internet. Namun, apakah kamu sudah tahu arti kata era secara lengkap? Berikut ini adalah pembahasan mengenai makna, pengertian, dan contoh kalimat dari kata era.

Pengertian Era

Era atau zaman adalah istilah yang digunakan untuk menyebut periode waktu tertentu dalam sejarah. Setiap era memiliki ciri khas dan peristiwa penting yang menjadi ciri khas dari periode waktu tersebut. Era dapat dilihat dari segi politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Makna Kata Era

Makna dari kata era adalah sebuah periode waktu tertentu yang memiliki ciri khas dan peristiwa penting yang menjadi ciri khas dari periode waktu tersebut. Era dapat digunakan untuk menyebut masa lalu, masa kini, maupun masa depan.

Contoh Kalimat Era

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata era:

  1. Pada era globalisasi ini, banyak perusahaan yang melakukan ekspansi ke luar negeri.
  2. Zaman dulu, transportasi dilakukan dengan menggunakan kuda atau kereta kuda.
  3. Di era digital seperti sekarang ini, media sosial menjadi salah satu hal yang sangat populer.
  4. Pada masa kolonialisme, banyak bangsa Eropa yang mengeksploitasi negara-negara jajahan mereka.
  5. Zaman sekarang, banyak orang yang memilih untuk melakukan belanja online.
Pos Terkait:  Pertimbangan Kuliah atau Kerja Setelah Lulus SMK

Era dalam Sejarah Indonesia

Indonesia memiliki banyak era penting dalam sejarahnya, seperti era Hindu-Buddha, era Kerajaan Islam, era Kolonial, era Kemerdekaan, dan era Reformasi. Setiap era tersebut memiliki ciri khas dan peristiwa penting yang menjadi ciri khas dari periode waktu tersebut.

Era Hindu-Buddha

Era Hindu-Buddha adalah masa di mana agama Hindu dan Buddha berkembang di Indonesia. Masa ini terjadi sekitar abad ke-4 hingga abad ke-14 Masehi. Pada masa ini, banyak dibangun candi-candi yang menjadi bukti keberadaan agama Hindu dan Buddha di Indonesia.

Era Kerajaan Islam

Era Kerajaan Islam adalah masa di mana agama Islam mulai berkembang di Indonesia. Masa ini terjadi sekitar abad ke-13 hingga abad ke-19 Masehi. Pada masa ini, banyak dibangun masjid-masjid yang menjadi bukti keberadaan agama Islam di Indonesia.

Era Kolonial

Era Kolonial adalah masa di mana Indonesia dikuasai oleh bangsa Eropa, seperti Belanda. Masa ini terjadi sekitar abad ke-16 hingga abad ke-20 Masehi. Pada masa ini, banyak terjadi eksploitasi dan penindasan terhadap rakyat Indonesia.

Era Kemerdekaan

Era Kemerdekaan adalah masa di mana Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda. Masa ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada masa ini, banyak terjadi perjuangan dan pengorbanan dari para pahlawan Indonesia untuk merebut kemerdekaan.

Pos Terkait:  Pakaian Adat Jawa Barat: Kebudayaan yang Tidak Tergantikan

Era Reformasi

Era Reformasi adalah masa di mana Indonesia mengalami perubahan besar dalam bidang politik dan sosial. Masa ini dimulai pada tahun 1998 setelah terjadinya kejadian Tragedi 1998. Pada masa ini, banyak terjadi reformasi kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa era adalah periode waktu tertentu dalam sejarah yang memiliki ciri khas dan peristiwa penting yang menjadi ciri khas dari periode waktu tersebut. Indonesia memiliki banyak era penting dalam sejarahnya, seperti era Hindu-Buddha, era Kerajaan Islam, era Kolonial, era Kemerdekaan, dan era Reformasi.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *