Arti Kata Elok: Makna dan Pengertian dalam Bahasa Indonesia

Posted on

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat kaya akan kosakata. Salah satu kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari adalah kata “elok”. Apa arti kata elok sebenarnya? Pada artikel ini, kita akan membahas tentang makna dan pengertian dari kata elok.

Pengertian Kata Elok

Kata elok merupakan kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang indah atau cantik. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan keindahan alam, benda, atau pun orang. Kata elok juga bisa digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang yang sopan dan baik.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kata elok didefinisikan sebagai sesuatu yang indah, cantik, menarik, enak dipandang, atau pun sopan. Kata elok juga sering digunakan sebagai sinonim dari kata indah atau cantik.

Contoh Penggunaan Kata Elok

Sebagai kata sifat, kata elok bisa digunakan dalam berbagai kalimat. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata elok dalam kalimat:

1. Pemandangan di pantai sangat elok dan indah.

2. Rancangan busana yang dipamerkan di catwalk sangat elok dan memukau.

3. Anak perempuan tersebut memiliki wajah yang sangat elok dan cantik.

Pos Terkait:  Apa Itu Modulus Pemrograman? Mengenal Fungsi dan Cara Penggunaannya

4. Sikap dan perilaku seseorang juga bisa dianggap sebagai sesuatu yang elok.

5. Ibu guru tersebut memberikan pelajaran dengan cara yang sangat elok dan sopan.

Sinonim Kata Elok

Sebagai kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan keindahan, kata elok memiliki beberapa sinonim atau kata-kata lain yang memiliki arti yang sama. Berikut ini adalah beberapa sinonim dari kata elok:

1. Cantik

2. Indah

3. Menarik

4. Anggun

5. Rupawan

6. Memukau

Antonim Kata Elok

Selain memiliki sinonim, kata elok juga memiliki antonim atau kata-kata yang berlawanan arti. Berikut ini adalah beberapa antonim dari kata elok:

1. Buruk

2. Jelek

3. Tak menarik

4. Tidak sopan

5. Tidak enak dipandang

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kata elok merupakan kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang indah atau cantik. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan keindahan alam, benda, atau pun orang. Kata elok juga bisa digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang yang sopan dan baik. Selain itu, kata elok juga memiliki sinonim dan antonim yang dapat digunakan untuk memperkaya kosakata kita dalam berbicara atau menulis.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *