Arti Kata Ecer: Makna, Contoh Kalimat, dan Penggunaannya

Posted on

Arti kata ecer merupakan salah satu kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini memiliki beberapa makna tergantung dari konteks penggunaannya. Pada umumnya, kata ecer digunakan untuk merujuk pada jumlah atau satuan barang yang dijual secara terpisah atau tidak dalam kemasan tertentu.

Makna Kata Ecer

Secara etimologis, kata ecer berasal dari bahasa Jawa yaitu “eser” yang berarti satu per satu atau satu persatu. Kemudian, kata ini diadopsi ke dalam bahasa Indonesia dan digunakan untuk menyebutkan barang yang dijual secara satuan atau terpisah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kata ecer memiliki beberapa makna tergantung dari konteks penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa makna kata ecer:

1. Satuan Barang

Arti kata ecer yang paling umum adalah satuan barang. Barang yang dijual secara ecer biasanya tidak dalam kemasan tertentu dan dijual satu persatu. Contohnya seperti rokok, permen, makanan ringan, dan lain sebagainya.

Pos Terkait:  Arti Kata Klaim: Apa yang Perlu Anda Ketahui

2. Sedikit

Arti kata ecer juga dapat merujuk pada sedikit atau sebagian kecil dari suatu benda. Contohnya seperti “eceran air” yang artinya sedikit air atau “eceran gula” yang artinya sebagian kecil dari gula.

3. Tidak Secara Besar-besaran

Arti kata ecer juga bisa merujuk pada penjualan barang yang tidak dalam jumlah besar atau tidak dalam bentuk grosir. Contohnya seperti “penjualan eceran” yang artinya penjualan barang dalam jumlah kecil atau tidak secara besar-besaran.

Contoh Kalimat dengan Kata Ecer

Setelah mengetahui makna dari kata ecer, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat dengan kata ecer:

1. Saya membeli rokok ecer di warung itu.

Kalimat di atas menunjukkan bahwa seseorang membeli rokok dalam satuan atau jumlah kecil di sebuah warung.

2. Tolong berikan saya sedikit garam ecer.

Kalimat di atas menunjukkan bahwa seseorang meminta sebagian kecil dari garam.

3. Kami membuka penjualan eceran di toko kami.

Kalimat di atas menunjukkan bahwa toko tersebut akan menjual barang dalam jumlah kecil atau tidak secara besar-besaran.

Penggunaan Kata Ecer dalam Kehidupan Sehari-hari

Kata ecer sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bidang perdagangan. Beberapa contoh penggunaannya adalah:

Pos Terkait:  Arti Kata Faktor

1. Penjualan Barang

Kata ecer sering digunakan dalam penjualan barang. Penjual akan menawarkan barang dalam satuan atau jumlah kecil untuk memudahkan pembeli yang hanya membutuhkan barang dalam jumlah sedikit.

2. Harga Barang

Harga barang yang dijual secara ecer biasanya lebih mahal dari harga grosir. Hal ini karena penjual harus memperhitungkan biaya tambahan seperti kemasan dan ongkos kirim jika ada.

3. Pemasaran

Pemasaran barang yang dijual secara ecer biasanya lebih ditujukan kepada konsumen yang membutuhkan barang dalam jumlah kecil atau hanya sekedar mencicipi barang tersebut.

Kesimpulan

Arti kata ecer adalah satuan barang yang dijual secara terpisah atau tidak dalam kemasan tertentu. Kata ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti satu persatu. Selain itu, kata ecer juga dapat merujuk pada sedikit atau sebagian kecil dari suatu benda serta penjualan barang yang tidak dalam jumlah besar. Kata ecer sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bidang perdagangan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *