Arti Kata Down: Apa Saja Maknanya?

Posted on

Down adalah kata yang sering digunakan dalam bahasa Inggris, tetapi apakah arti kata down itu sendiri? Apakah down selalu memiliki makna yang sama? Mari kita bahas lebih dalam tentang arti dan penggunaan down dalam bahasa Inggris.

Apa Arti Kata Down?

Down dapat digunakan sebagai kata sifat, kata keterangan, dan kata kerja. Arti down sebagai kata sifat adalah “turun” atau “rendah”. Misalnya, “I feel down today” berarti “Saya merasa sedih hari ini”. Sedangkan arti kata down sebagai kata keterangan adalah “ke bawah” atau “menuju ke bawah”. Contohnya, “The airplane is going down” berarti “Pesawat sedang menukik”.Arti kata down juga dapat digunakan sebagai kata kerja. Sebagai kata kerja, down memiliki beberapa arti seperti “menurunkan”, “melemahkan”, atau “menyuruh seseorang untuk duduk”. Contohnya, “Please down your voice” berarti “Tolong pelan-pelan” atau “Please down the volume” berarti “Tolong turunkan volumenya”.

Penggunaan Down dalam Kalimat

Kita dapat menggunakan down dalam berbagai macam kalimat. Misalnya, “I put down the book on the table” yang artinya “Saya meletakkan buku di atas meja”. Atau “I am feeling down today” yang artinya “Saya merasa sedih hari ini”. Selain itu, down juga dapat digunakan dalam kalimat perintah seperti “Please down your voice” yang artinya “Tolong pelan-pelan”.

Pos Terkait:  Balt Itu Apa? Temukan Jawabannya Di Sini

Kata Turunan dari Down

Terdapat beberapa kata turunan dari down seperti downward yang berarti “ke bawah”, downfall yang berarti “kejatuhan”, dan downsize yang berarti “memperkecil”. Selain itu, terdapat juga istilah “down payment” yang berarti “uang muka”.

Contoh Penggunaan Down dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan down dalam bahasa Inggris:1. He is feeling down today.Artinya: Dia merasa sedih hari ini.2. Please down your voice.Artinya: Tolong pelan-pelan.3. The airplane is going down.Artinya: Pesawat sedang menukik.4. I am down with the flu.Artinya: Saya sedang sakit flu.5. The stock market is down today.Artinya: Pasar saham sedang turun hari ini.

Kesimpulan

Down adalah kata serba bisa dalam bahasa Inggris. Sebagai kata sifat, down memiliki arti “turun” atau “rendah”. Sedangkan sebagai kata keterangan, down memiliki arti “ke bawah” atau “menuju ke bawah”. Down juga dapat digunakan sebagai kata kerja dengan arti yang berbeda-beda seperti “menurunkan” atau “melemahkan”. Dalam kalimat, down dapat digunakan dalam berbagai situasi seperti kalimat perintah atau kalimat deskriptif. Terdapat pula beberapa kata turunan dari down seperti downward atau downfall. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami arti kata down dengan lebih baik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *