Arti Kata Deru dan Penjelasannya

Posted on

Deru adalah sebuah kata yang sering kali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini memiliki banyak arti tergantung pada konteks penggunaannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti kata deru dan penjelasannya.

Arti Kata Deru dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata deru adalah suara keras dan berat yang dihasilkan oleh benda yang bergerak dengan cepat atau oleh suara alam seperti angin, air, atau petir.

Contoh penggunaan kata deru dalam kalimat:

  • Deru angin kencang membuat pohon-pohon bergoyang.
  • Deru ombak yang besar membuat kapal terombang-ambing.
  • Deru mesin pesawat terdengar sangat keras.

Arti Kata Deru dalam Bahasa Gaul

Selain memiliki arti dalam KBBI, kata deru juga sering digunakan dalam bahasa gaul dengan arti yang berbeda-beda tergantung pada konteks penggunaannya. Berikut adalah beberapa arti kata deru dalam bahasa gaul:

  • Deru bisa berarti suara yang dihasilkan oleh musik yang sangat keras dan menggelegar, biasanya digunakan dalam konteks klub malam atau konser musik.
  • Deru juga bisa berarti suara yang dihasilkan oleh mesin mobil yang dimodifikasi untuk meningkatkan performa dan kecepatannya.
  • Deru juga bisa berarti kegembiraan atau keasyikan yang sangat hebat dalam melakukan suatu aktivitas.
Pos Terkait:  Kuliah Lebih Baik Ambil Jurusan Apa?

Contoh penggunaan kata deru dalam kalimat bahasa gaul:

  • Malam itu klub malam penuh dengan deru musik dan orang-orang yang bergoyang.
  • Mobilnya terdengar sangat deru saat dipacu dengan kecepatan tinggi.
  • Kami bermain game dengan deru yang sangat seru.

Arti Kata Deru dalam Agama

Dalam agama Islam, kata deru seringkali digunakan dalam konteks dzikir atau zikir. Dzikir adalah suatu bentuk ibadah yang dilakukan dengan mengucapkan kalimat-kalimat tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir sebagai bentuk pengingat dan penghormatan kepada Allah SWT.

Contoh penggunaan kata deru dalam dzikir:

  • Dalam dzikir malam, deru takbir terdengar sangat merdu dan khusyuk.
  • Deru tasbih yang diucapkan oleh jamaah membuat suasana menjadi semakin sakral.

Kesimpulan

Kata deru memiliki banyak arti tergantung pada konteks penggunaannya. Dalam KBBI, deru berarti suara keras dan berat yang dihasilkan oleh benda yang bergerak dengan cepat atau oleh suara alam seperti angin, air, atau petir. Namun dalam bahasa gaul, deru bisa berarti suara musik yang sangat keras dan menggelegar, suara mesin mobil yang dimodifikasi, atau kegembiraan yang sangat hebat dalam melakukan suatu aktivitas. Dalam agama Islam, deru seringkali digunakan dalam konteks dzikir. Dalam dzikir malam, deru takbir dan tasbih yang diucapkan membuat suasana menjadi semakin merdu dan khusyuk.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *