Arti Kata Dermaga

Posted on

Dermaga adalah sebuah tempat di mana kapal atau perahu dapat berlabuh dan bongkar muat barang. Istilah dermaga berasal dari bahasa Portugis, yaitu “doca”, yang artinya adalah pelabuhan kecil. Di Indonesia, istilah dermaga juga digunakan untuk menyebut tempat berlabuh kapal atau perahu.

Sejarah Dermaga di Indonesia

Sejarah dermaga di Indonesia dimulai sejak masa penjajahan Belanda. Pada saat itu, dermaga digunakan sebagai tempat bongkar muat barang dari kapal-kapal yang datang dari Eropa. Selain itu, dermaga juga digunakan sebagai tempat berlabuh kapal-kapal yang digunakan oleh Belanda untuk memperluas wilayah kekuasaannya di Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, dermaga menjadi semakin penting dalam pembangunan infrastruktur dan transportasi. Dermaga dipergunakan untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain, baik melalui jalur laut maupun jalur sungai.

Pos Terkait:  10 Cara Pintar Bahasa Inggris

Jenis-jenis Dermaga

Ada beberapa jenis dermaga yang biasa digunakan di Indonesia, yaitu:

1. Dermaga untuk Kapal Niaga

Dermaga ini biasanya digunakan untuk kapal-kapal yang digunakan untuk mengangkut barang di pelabuhan-pelabuhan besar. Dermaga ini memiliki panjang yang cukup untuk menampung banyak kapal sekaligus.

2. Dermaga untuk Kapal Penumpang

Dermaga ini biasanya digunakan untuk kapal-kapal yang mengangkut penumpang. Dermaga ini biasanya terletak di pelabuhan-pelabuhan kecil.

3. Dermaga untuk Kapal Pesiar

Dermaga ini biasanya digunakan untuk kapal-kapal pesiar. Dermaga ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti tempat parkir, restoran, dan toko-toko souvenir.

Fungsi Dermaga

Dermaga memiliki beberapa fungsi, yaitu:

1. Tempat Berlabuh Kapal

Salah satu fungsi utama dermaga adalah sebagai tempat berlabuh kapal. Dermaga memberikan tempat yang aman bagi kapal untuk berlabuh dan bongkar muat barang.

2. Pengangkutan Barang

Dermaga juga digunakan sebagai tempat pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lain. Barang-barang tersebut dapat diangkut melalui jalur laut maupun jalur sungai.

3. Pariwisata

Dermaga juga dapat digunakan sebagai tempat pariwisata. Kapal-kapal pesiar sering berlabuh di dermaga ini, dan para penumpang dapat menikmati pemandangan yang indah dari tempat tersebut.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Menulis Nominal Uang?

4. Transportasi

Dermaga juga merupakan tempat transit bagi transportasi dari satu tempat ke tempat lain. Kapal-kapal yang berlabuh di dermaga tersebut dapat membawa penumpang dan barang dari satu tempat ke tempat lain.

Konstruksi Dermaga

Konstruksi dermaga sangat penting untuk menjaga keamanan kapal dan barang yang diangkut. Konstruksi dermaga terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

1. Pilar

Pilar adalah komponen yang berfungsi untuk menopang beban dermaga. Pilar terbuat dari beton atau besi.

2. Trestle

Trestle adalah komponen yang berfungsi untuk menopang jalan di atas dermaga. Trestle terbuat dari kayu atau besi.

3. Decking

Decking adalah lantai dermaga yang berfungsi untuk menopang barang dan orang yang berada di atas dermaga. Decking terbuat dari kayu atau besi.

4. Fender

Fender adalah bantalan yang terpasang di sisi dermaga untuk mengurangi dampak ketika kapal berlabuh di dermaga.

Perawatan Dermaga

Perawatan dermaga sangat penting agar dermaga tetap dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat dermaga adalah:

1. Membersihkan Dermaga

Dermaga harus selalu dibersihkan dari sampah dan kotoran agar tidak terjadi kerusakan pada konstruksi dermaga.

Pos Terkait:  Apa Yang Dimaksud dengan Disiplin?

2. Pengecatan

Dermaga perlu dicat secara berkala untuk melindungi dari kerusakan akibat cuaca dan air laut.

3. Pemeliharaan Konstruksi

Konstruksi dermaga perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisinya baik dan aman untuk digunakan.

Kesimpulan

Dermaga adalah tempat berlabuh kapal atau perahu untuk bongkar muat barang. Dermaga memiliki beberapa jenis dan fungsi, seperti tempat berlabuh kapal, pengangkutan barang, pariwisata, dan transportasi. Konstruksi dermaga terdiri dari beberapa komponen, seperti pilar, trestle, decking, dan fender. Perawatan dermaga sangat penting untuk menjaga kondisi dan keamanan dermaga.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *