Arti Kata Daring dalam KBBI

Posted on

Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, istilah daring atau online menjadi semakin populer. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daring memiliki arti sebagai berikut:

Definisi Daring

Daring adalah kependekan dari kata dalam jaringan atau online. Istilah ini merujuk pada kegiatan yang dilakukan melalui internet, seperti belajar, bermain game, atau berbelanja.

Sejarah Daring

Istilah daring pertama kali digunakan pada tahun 1983 oleh John Gage, seorang pakar teknologi komputer Amerika Serikat. Saat itu, Gage menggunakan istilah online dalam jaringan untuk menggambarkan penggunaan komputer yang terhubung ke jaringan internet.

Pada tahun 1990-an, istilah daring semakin populer di dunia maya. Saat itu, internet masih terbatas dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, internet semakin mudah diakses dan digunakan oleh semua orang.

Manfaat Daring

Daring memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Beberapa manfaat dari daring antara lain:

  • Membuka peluang pendidikan yang lebih luas
  • Memudahkan akses informasi
  • Mempermudah komunikasi dan kolaborasi antarindividu dan lembaga
  • Mempercepat proses bisnis dan perdagangan
  • Menyediakan hiburan dan rekreasi
Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud Specialty Store?

Contoh Penggunaan Daring

Berikut beberapa contoh penggunaan daring dalam kehidupan sehari-hari:

  • Belajar online melalui platform e-learning
  • Bermain game online dengan teman-teman
  • Berbelanja online melalui situs e-commerce
  • Mengakses informasi dari internet
  • Mengirim dan menerima email
  • Menggunakan layanan perbankan online
  • Berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia melalui media sosial

Perbedaan Daring dan Luring

Selain daring, ada juga istilah luring yang memiliki arti kebalikan dari daring. Luring adalah kependekan dari kata luar jaringan atau offline. Istilah ini merujuk pada kegiatan yang tidak melibatkan internet, seperti belajar di kelas, bermain game di luar jaringan, atau berbelanja di toko fisik.

Meskipun demikian, dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, perbedaan antara daring dan luring semakin kabur. Misalnya, saat ini sudah banyak terdapat platform e-learning yang menggabungkan metode daring dan luring dalam satu paket pembelajaran.

Arti Kata Daring dalam KBBI

Berdasarkan KBBI, daring memiliki arti sebagai berikut:

“(1) dalam (melalui) jaringan (internet): belajar ~; (2) tidak berani (takut) melakukan sesuatu: ~ berbuat salah.”

Dari arti kata daring dalam KBBI tersebut, dapat disimpulkan bahwa daring merujuk pada kegiatan yang dilakukan melalui internet, serta merujuk pada ketidakberanian atau ketakutan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Pos Terkait:  Contoh Negara Maju dan Berkembang

Kesimpulan

Daring atau online merujuk pada kegiatan yang dilakukan melalui internet. Istilah ini semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Daring memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, seperti membuka peluang pendidikan yang lebih luas, memudahkan akses informasi, dan mempermudah proses bisnis dan perdagangan.

Perbedaan antara daring dan luring semakin kabur seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Dari arti kata daring dalam KBBI, dapat disimpulkan bahwa daring merujuk pada kegiatan yang dilakukan melalui internet, serta merujuk pada ketidakberanian atau ketakutan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *