Arti Kata Cemerlang dalam Kamus Bahasa Indonesia

Posted on

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan bahasa. Bahasa Indonesia memiliki banyak kata-kata yang bisa membingungkan dan sulit dipahami. Salah satu kata yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia adalah “cemerlang”. Kata ini memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada konteks penggunaannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti kata cemerlang dalam kamus bahasa Indonesia.

Arti Kata Cemerlang

Secara harfiah, cemerlang berarti bersinar, gemilang, atau cahaya yang kuat. Namun, dalam bahasa Indonesia, kata cemerlang memiliki banyak arti tergantung pada konteks penggunaannya. Berikut ini beberapa arti kata cemerlang dalam kamus bahasa Indonesia:

1. Sangat Baik

Arti yang pertama adalah sangat baik. Kata cemerlang sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat baik atau bahkan sempurna. Misalnya, seorang siswa dapat mendapatkan nilai cemerlang dalam ujian atau seorang atlet dapat mendapatkan prestasi cemerlang dalam olahraga.

2. Berkilauan

Arti kedua dari kata cemerlang adalah berkilaun. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang berkilauan atau bersinar. Misalnya, permata yang berkilauan dapat digambarkan sebagai permata yang cemerlang.

Pos Terkait:  Stempel Merupakan Salah Satu Alat untuk Mencetak Gambar

3. Terang Benderang

Arti ketiga dari kata cemerlang adalah terang benderang. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang terang dan bersinar. Misalnya, sinar matahari yang terang benderang dapat digambarkan sebagai sinar matahari yang cemerlang.

4. Terkenal

Arti keempat dari kata cemerlang adalah terkenal. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terkenal atau memiliki reputasi yang baik. Misalnya, seorang seniman dapat digambarkan sebagai seniman yang cemerlang karena ia memiliki karya yang terkenal dan diakui.

5. Berprestasi

Arti kelima dari kata cemerlang adalah berprestasi. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang telah mencapai prestasi atau keberhasilan yang luar biasa. Misalnya, seorang atlet dapat digambarkan sebagai atlet yang cemerlang karena ia telah mencapai prestasi yang luar biasa dalam olahraga.

6. Brilian

Arti keenam dari kata cemerlang adalah brilian. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat pintar atau cerdas. Misalnya, seseorang yang memiliki ide brilian dapat digambarkan sebagai orang yang memiliki pikiran yang cemerlang.

7. Mengesankan

Arti ketujuh dari kata cemerlang adalah mengesankan. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat menakjubkan atau mengesankan. Misalnya, pemandangan yang indah dapat digambarkan sebagai pemandangan yang cemerlang.

Pos Terkait:  Arti Kata Kalimat dari Kata Isolator

8. Unggul

Arti kedelapan dari kata cemerlang adalah unggul. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu yang unggul atau lebih baik dari yang lain. Misalnya, produk yang unggul dapat digambarkan sebagai produk yang cemerlang.

9. Memikat

Arti kesembilan dari kata cemerlang adalah memikat. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat menarik atau memikat. Misalnya, seorang penyanyi dapat digambarkan sebagai penyanyi yang cemerlang karena ia memiliki suara yang memikat.

10. Luar Biasa

Arti kesepuluh dari kata cemerlang adalah luar biasa. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat luar biasa atau istimewa. Misalnya, keindahan alam dapat digambarkan sebagai keindahan alam yang cemerlang.

Penutup

Dalam bahasa Indonesia, kata cemerlang memiliki banyak arti tergantung pada konteks penggunaannya. Arti yang paling umum adalah sangat baik, berkilaun, terang benderang, terkenal, berprestasi, brilian, mengesankan, unggul, memikat, dan luar biasa. Dengan memahami arti kata cemerlang, kita dapat menggunakan kata ini dengan benar dan tepat dalam berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.

Related posts:
Pos Terkait:  Cara Menyelamatkan Beruang Kutub dari Ancaman Kepunahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *