Arti Kata Bahari: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat

Posted on

Bahari adalah kata yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia, terutama dalam konteks geografi dan lingkungan. Namun, apa sebenarnya arti kata bahari? Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, jenis, dan contoh kalimat yang menggunakan kata bahari.

Pengertian Bahari

Bahari berasal dari bahasa Sanskerta “bhara” yang berarti laut atau samudra. Dalam bahasa Indonesia, bahari memiliki arti yang berkaitan dengan laut atau segala sesuatu yang berhubungan dengan laut, seperti pantai, pulau, kapal, dan sebagainya. Bahari juga dapat merujuk pada geografi, lingkungan, dan kegiatan manusia yang berhubungan dengan laut.

Jenis Bahari

Ada beberapa jenis bahari yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah penjelasannya:

1. Bahari Darat

Bahari darat adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada wilayah yang terletak di sekitar pantai dan muara sungai. Wilayah ini seringkali dipengaruhi oleh pasang surut air laut dan air sungai, sehingga memiliki keunikan tersendiri dalam hal lingkungan dan kehidupan manusia.

2. Bahari Lepas

Bahari lepas adalah wilayah laut yang terletak di luar zona pantai dan tidak dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Wilayah ini seringkali digunakan untuk kegiatan seperti perikanan, pengangkutan kapal, dan sebagainya.

Pos Terkait:  Arti Kata Gathering: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

3. Bahari Tengah

Bahari tengah adalah wilayah laut yang terletak di antara dua benua atau dua pulau. Wilayah ini seringkali menjadi jalur perlintasan kapal, sehingga menjadi penting dalam hal transportasi dan perdagangan.

Contoh Kalimat Bahari

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata bahari:

1. Pantai ini memiliki pemandangan bahari yang indah.

2. Kapal-kapal besar seringkali melewati wilayah bahari lepas ini.

3. Kegiatan penangkapan ikan di bahari tengah menjadi sumber penghasilan utama bagi masyarakat setempat.

4. Proyek pengembangan pariwisata di wilayah bahari darat ini akan meningkatkan perekonomian daerah.

Kesimpulan

Arti kata bahari adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan laut, seperti pantai, pulau, kapal, dan sebagainya. Ada beberapa jenis bahari, yaitu bahari darat, bahari lepas, dan bahari tengah. Kata bahari seringkali digunakan dalam kalimat-kalimat yang berkaitan dengan geografi, lingkungan, dan kegiatan manusia yang berhubungan dengan laut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *