Arti Kata Alternatif dan Contoh Kalimatnya

Posted on

Dalam bahasa Indonesia, terdapat banyak kata yang memiliki arti yang sama dengan kata lainnya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya bahasa daerah di Indonesia yang kemudian mempengaruhi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, seringkali kita menemukan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama. Berikut adalah beberapa arti kata alternatif dan contoh kalimatnya.

1. Baju/Kemeja

Baju dan kemeja merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu pakaian yang dikenakan di bagian atas tubuh. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya akan membeli baju/kemeja baru untuk pesta pernikahan besok.”

2. Makan/Sarapan

Makan dan sarapan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas mengonsumsi makanan. Namun, sarapan lebih spesifik untuk aktivitas makan di pagi hari. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya sudah makan/sarapan pagi tadi.”

3. Cinta/Kasih Sayang

Cinta dan kasih sayang merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu perasaan sayang dan peduli terhadap orang lain. Contohnya dalam kalimat adalah “Orang tua saya selalu memberikan saya cinta/kasih sayang yang besar.”

4. Belajar/Mempelajari

Belajar dan mempelajari merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu mengambil informasi atau pengetahuan baru. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya sedang belajar/mempelajari bahasa Inggris.”

5. Cepat/Kencang

Cepat dan kencang merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu kecepatan yang tinggi. Contohnya dalam kalimat adalah “Mobil itu berjalan dengan cepat/kencang.”

6. Menjelajah/Eksplorasi

Menjelajah dan eksplorasi merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas untuk mengeksplorasi suatu tempat atau daerah. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya ingin menjelajah/eksplorasi pantai yang belum pernah saya kunjungi.”

7. Menyanyi/Bernyanyi

Menyanyi dan bernyanyi merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas menyanyikan lagu. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya suka menyanyi/bernyanyi di karaoke.”

Pos Terkait:  Profesi Front Office Manager: Menjadi Pemimpin di Depan Layar

8. Berenang/Renang

Berenang dan renang merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas bermain di dalam air. Contohnya dalam kalimat adalah “Saat liburan, saya suka berenang/renang di kolam renang.”

9. Makan Siang/Istirahat Makan Siang

Makan siang dan istirahat makan siang merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu waktu untuk makan siang. Namun, istirahat makan siang lebih spesifik untuk waktu istirahat yang diambil saat makan siang. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya akan pergi istirahat makan siang/makan siang sebentar.”

10. Kepala/Pala

Kepala dan pala merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu bagian atas tubuh manusia yang berisi otak. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya merasa pusing di kepala/pala.”

11. Bekerja/Kerja

Bekerja dan kerja merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas untuk menghasilkan uang atau melakukan pekerjaan tertentu. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya harus bekerja/kerja keras untuk mencapai tujuan saya.”

12. Mengajar/Mengajarkan

Mengajar dan mengajarkan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu memberikan pengetahuan atau keterampilan pada orang lain. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya akan mengajar/mengajarkan bahasa Jepang kepada teman saya.”

13. Menulis/Tulisan

Menulis dan tulisan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas untuk membuat tulisan atau karya tulis. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya suka menulis/tulisan cerita pendek.”

14. Tidur/Beristirahat

Tidur dan beristirahat merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu waktu untuk istirahat dan memulihkan energi. Namun, beristirahat lebih spesifik untuk waktu istirahat yang tidak melibatkan tidur. Contohnya dalam kalimat adalah “Setelah berolahraga, saya perlu tidur/beristirahat sebentar.”

15. Membaca/Membaca Buku

Membaca dan membaca buku merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas membaca teks tertulis. Namun, membaca buku lebih spesifik untuk membaca buku atau karya tulis tertentu. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya suka membaca/membaca buku novel.”

16. Melihat/Menyaksikan

Melihat dan menyaksikan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas untuk melihat sesuatu. Namun, menyaksikan lebih spesifik untuk melihat suatu acara atau kejadian. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya ingin melihat/menyaksikan pertunjukan teater malam ini.”

Pos Terkait:  Kerjakan Soal-Soal Berikut

17. Menulis Surat/Surat Menulis

Menulis surat dan surat menulis merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas menulis surat atau korespondensi tertulis. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya harus menulis surat/surat menulis resmi untuk perusahaan.”

18. Berbicara/Bercakap-cakap

Berbicara dan bercakap-cakap merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas untuk berkomunikasi dengan seseorang. Namun, bercakap-cakap lebih spesifik untuk komunikasi yang bersifat informal dan santai. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya suka berbicara/bercakap-cakap dengan teman-teman di kafe.”

19. Mencuci/Mencuci Pakaian

Mencuci dan mencuci pakaian merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas mencuci benda atau pakaian. Namun, mencuci pakaian lebih spesifik untuk mencuci pakaian atau benda yang terbuat dari kain. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya harus mencuci/mencuci pakaian besok.”

20. Tengah/Sedang

Tengah dan sedang merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu pada saat yang sama atau ketika sedang berlangsung. Contohnya dalam kalimat adalah “Saat ini saya tengah/sedang menyelesaikan tugas kuliah.”

21. Jalan/Lintas

Jalan dan lintas merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu jalur atau rute yang dilalui. Namun, lintas lebih spesifik untuk jalur yang melintasi dua atau lebih wilayah atau daerah. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya akan melintasi jalan/lintas tol untuk pergi ke kantor.”

22. Bermain/Main

Bermain dan main merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas bermain atau bermain-main. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya suka bermain/main dengan anjing peliharaan saya.”

23. Mengalami/Merasakan

Mengalami dan merasakan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu merasakan suatu perasaan atau pengalaman. Namun, mengalami lebih spesifik untuk pengalaman yang lebih intens dan berdampak pada kehidupan seseorang. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya mengalami/merasakan kebahagiaan saat menyelesaikan tugas dengan baik.”

24. Memasak/Memasak Makanan

Memasak dan memasak makanan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas memasak atau mempersiapkan makanan. Namun, memasak makanan lebih spesifik untuk memasak makanan atau hidangan tertentu. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya suka memasak/memasak makanan khas Indonesia.”

Pos Terkait:  Apa Arti Kata Logat? Kenali Lebih Dalam!

25. Merokok/Menghisap Rokok

Merokok dan menghisap rokok merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas merokok atau menghisap rokok. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya tidak suka merokok/menghisap rokok karena dapat membahayakan kesehatan.”

26. Melompat/Lompat

Melompat dan lompat merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas melompat atau melompat-lompat. Contohnya dalam kalimat adalah “Anak-anak suka melompat/lompat-lompat di taman bermain.”

27. Membuat/Membuatkan

Membuat dan membuatkan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas membuat atau mempersiapkan sesuatu. Namun, membuatkan lebih spesifik untuk membuat atau mempersiapkan sesuatu untuk orang lain. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya akan membuat/membuatkan makanan untuk acara ulang tahun teman saya.”

28. Memakai/Menggunakan

Memakai dan menggunakan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu aktivitas menggunakan atau memakai suatu benda. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya suka memakai/menggunakan parfum kesukaan saya.”

29. Membawa/Mengambil

Membawa dan mengambil merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu membawa atau mengambil suatu benda atau barang. Namun, mengambil lebih spesifik untuk mengambil suatu benda atau barang dari tempat tertentu. Contohnya dalam kalimat adalah “Saya akan membawa/mengambil buku dari perpustakaan.”

30. Menangkap/Menangkapkan

Menangkap dan menangkapkan merupakan kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama yaitu menangkap atau menahan seseorang atau sesuatu. Namun, menangkapkan lebih spesifik untuk menangkap atau menahan seseorang atau sesuatu untuk orang lain. Contohnya dalam kalimat adalah “Polisi menangkap/menangkapkan pelaku pencurian.”

Kesimpulan

Dalam bahasa Indonesia, terdapat banyak kata-kata alternatif yang memiliki arti yang sama. Hal ini seringkali membuat orang bingung dalam penggunaannya. Oleh karena itu, penting untuk memahami arti dari setiap kata alternatif dan menggunakan kata yang tepat sesuai dengan konteks kalimat. Dengan begitu, kita dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dan efisien.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *