Arti Kata Alibi dalam Bahasa Indonesia

Posted on

Alibi merupakan sebuah kata yang sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk menggambarkan sebuah dalih atau alasan mengapa seseorang tidak melakukan suatu tindakan atau kegiatan. Namun, dalam bahasa Indonesia, kata alibi juga sering digunakan dan memiliki arti yang mirip dengan arti dalam bahasa Inggris.

Pengertian Alibi

Secara harfiah, alibi berarti “suatu alasan atau dalih yang digunakan untuk membela diri, menghindari hukuman, atau menjelaskan ketidakhadiran”. Dalam hukum, alibi sering digunakan sebagai alasan mengapa seseorang tidak dapat dipertanggungjawabkan atas suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan.

Contoh Penggunaan Alibi dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh penggunaan alibi dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika seseorang terlambat datang ke suatu tempat dan memberikan alasan bahwa ia terjebak di kemacetan atau ada keadaan darurat yang membuatnya terlambat. Contoh lain adalah ketika seseorang tidak dapat hadir pada suatu acara dan memberikan alasan bahwa ia sedang sakit atau ada urusan yang lebih penting yang harus dilakukan.

Alibi dalam Hukum

Alibi seringkali digunakan dalam hukum sebagai alasan mengapa seseorang tidak dapat dipertanggungjawabkan atas suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan. Sebagai contoh, jika seseorang dituduh melakukan suatu tindakan kriminal di suatu tempat pada suatu waktu tertentu, namun ia memiliki alibi yang kuat bahwa pada saat itu ia berada di tempat lain yang jauh dari lokasi kejadian, maka ia tidak dapat dipertanggungjawabkan atas tindakan tersebut.

Pos Terkait:  Reaksi Jenderal Nishimura Terhadap Rencana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Alibi dalam Olahraga

Alibi juga sering digunakan dalam olahraga sebagai alasan mengapa seorang atlet tidak dapat mengikuti suatu pertandingan atau mengeluarkan performa terbaiknya. Contohnya adalah ketika seorang atlet mengalami cedera atau sakit yang membuatnya tidak dapat mengikuti suatu pertandingan atau ketika kondisi cuaca atau lapangan yang tidak mendukung membuat performa atlet tidak maksimal.

Kesimpulan

Alibi merupakan sebuah kata yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia untuk menggambarkan sebuah dalih atau alasan mengapa seseorang tidak melakukan suatu tindakan atau kegiatan. Dalam hukum, alibi sering digunakan sebagai alasan mengapa seseorang tidak dapat dipertanggungjawabkan atas suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan. Alibi juga sering digunakan dalam olahraga sebagai alasan mengapa seorang atlet tidak dapat mengikuti suatu pertandingan atau mengeluarkan performa terbaiknya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *