Apakah Yang Menjadi Sumber Dari Munculnya Seni Optic?

Posted on

Seni optic atau Optical Art adalah bentuk seni yang menggunakan teknik optik untuk menciptakan ilusi gerakan, kedalaman, dan bentuk. Seni optic muncul pada tahun 1960-an dan menjadi populer di seluruh dunia.

Sejarah Seni Optic

Seni optic pertama kali muncul di Eropa pada awal abad ke-20. Gerakan seni avant-garde seperti Kubisme dan Futurisme mempengaruhi perkembangan seni optic. Namun, seni optic yang sebenarnya baru muncul pada tahun 1960-an di Amerika Serikat.

Seni optic awalnya disebut sebagai seni kinetik. Namun, pada akhirnya, seni kinetik dan seni optic memiliki perbedaan yang signifikan. Seni kinetik lebih menekankan pada gerakan fisik, sementara seni optic lebih menekankan pada ilusi gerakan.

Seniman Seni Optic Terkenal

Banyak seniman terkenal yang termasuk dalam gerakan seni optic. Beberapa di antaranya adalah Victor Vasarely, Bridget Riley, dan Yaacov Agam. Mereka menggunakan teknik optik untuk menciptakan karya seni yang unik dan menarik.

Sumber Munculnya Seni Optic

Sumber munculnya seni optic adalah gabungan antara ilmu optik dan seni visual. Ilmu optik adalah studi tentang cahaya dan penglihatan. Seni visual adalah seni yang menggunakan gambar dan bentuk untuk menciptakan karya seni.

Pos Terkait:  Akibat dari Banyak Negara ASEAN yang Dilewati Jalur Lipatan Sirkum Pasifik

Seni optic muncul karena adanya perpaduan antara ilmu optik dan seni visual. Seniman seni optic menggunakan ilmu optik untuk menciptakan karya seni yang unik dan menarik.

Teknik Optik Dalam Seni Optic

Beberapa teknik optik yang digunakan dalam seni optic adalah:

1. Ilusi Optik

Ilusi optik adalah ilusi penglihatan yang menciptakan kesan gerakan atau kedalaman di dalam karya seni. Teknik ini sering digunakan dalam seni optic untuk menciptakan ilusi gerakan atau kedalaman dalam karya seni.

2. Kontras

Kontras adalah perbedaan antara dua elemen yang berdekatan. Kontras sering digunakan dalam seni optic untuk menciptakan ilusi gerakan atau kedalaman dalam karya seni.

3. Warna

Warna adalah salah satu elemen penting dalam seni optic. Kombinasi warna yang tepat dapat menciptakan ilusi gerakan atau kedalaman dalam karya seni.

Kesimpulan

Seni optic merupakan jenis seni yang menggunakan teknik optik untuk menciptakan karya seni yang unik dan menarik. Seni optic muncul karena adanya perpaduan antara ilmu optik dan seni visual. Beberapa teknik optik yang digunakan dalam seni optic adalah ilusi optik, kontras, dan warna.

Related posts:
Pos Terkait:  Mengapa Jarum Kompas Tidak Tepat Menunjuk ke Arah Utara dan Selatan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *