Apakah yang Dimaksud Orientation?

Posted on

Orientation adalah proses di mana seseorang diperkenalkan pada suatu lingkungan baru yang berbeda dari sebelumnya. Biasanya, ini terjadi ketika seseorang memulai pekerjaan baru, mengikuti kuliah, atau pindah ke kota baru.

Proses orientation bertujuan untuk membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan mengenal orang-orang di sekitarnya. Selama proses ini, akan diberikan informasi tentang kebijakan organisasi, tugas dan tanggung jawab, dan prosedur kerja yang harus diikuti.

Tujuan Orientation

Tujuan utama dari orientation adalah untuk membantu seseorang merasa nyaman dalam lingkungan baru dan memahami harapan yang diberikan oleh organisasi atau institusi. Dalam proses ini, seseorang juga akan diperkenalkan pada orang-orang di sekitarnya dan membangun hubungan kerja yang baik.

Selain itu, orientation juga bertujuan untuk mengurangi kecemasan dan kebingungan seseorang dalam menghadapi tugas-tugas baru yang dihadapi. Dengan begitu, seseorang akan lebih siap dan percaya diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Persiapan Orientation

Untuk mempersiapkan orientation yang baik, organisasi atau institusi harus mempersiapkan materi yang jelas dan mudah dipahami. Materi tersebut harus mencakup informasi tentang kebijakan organisasi, tugas dan tanggung jawab, serta prosedur kerja yang harus diikuti.

Pos Terkait:  Apa Tujuan Ajaran Sosial Gereja?

Organisasi atau institusi juga harus menentukan siapa yang akan memberikan orientasi kepada seseorang. Biasanya, orang yang dipilih adalah orang yang sudah berpengalaman dalam lingkungan tersebut dan dapat memberikan informasi yang berguna.

Jenis Orientation

Ada beberapa jenis orientation yang dapat dilakukan, di antaranya:

1. Orientation Induksi

Orientation induksi adalah proses di mana seseorang diperkenalkan pada organisasi atau institusi tempat dia bekerja atau belajar. Pada umumnya, proses ini dilakukan pada hari pertama masuk kerja atau kuliah.

Selama orientation induksi, seseorang akan diberikan informasi tentang kebijakan organisasi, tugas dan tanggung jawab, serta prosedur kerja yang harus diikuti. Selain itu, seseorang juga akan diperkenalkan pada orang-orang di sekitarnya dan membangun hubungan kerja yang baik.

2. Orientation Fungsional

Orientation fungsional adalah proses di mana seseorang diperkenalkan pada tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan. Proses ini biasanya dilakukan setelah orientation induksi.

Selama orientation fungsional, seseorang akan diberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan serta prosedur kerja yang harus diikuti. Tujuannya agar seseorang dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan efektif.

3. Orientation Sosialisasi

Orientation sosialisasi adalah proses di mana seseorang diperkenalkan pada budaya organisasi atau institusi. Proses ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pos Terkait:  Dampak Positif dan Negatif Televisi

Selama orientation sosialisasi, seseorang akan diperkenalkan pada nilai-nilai, norma, dan perilaku yang harus diikuti dalam organisasi atau institusi tersebut.

Kesimpulan

Orientation adalah proses di mana seseorang diperkenalkan pada suatu lingkungan baru yang berbeda dari sebelumnya. Tujuannya adalah untuk membantu seseorang beradaptasi dengan lingkungan baru dan memahami harapan yang diberikan oleh organisasi atau institusi.

Persiapan orientation yang baik harus mencakup materi yang jelas dan mudah dipahami serta menentukan siapa yang akan memberikan orientasi kepada seseorang. Ada beberapa jenis orientation yang dapat dilakukan, di antaranya orientation induksi, orientation fungsional, dan orientation sosialisasi.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *