Apakah Arti Singkatan PASS dalam Menggunakan APAR?

Posted on

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam mengatasi kebakaran. APAR sering digunakan di berbagai tempat, seperti gedung perkantoran, mall, rumah sakit, hingga tempat tinggal.

Agar penggunaan APAR bisa dilakukan dengan efektif dan efisien, tentu saja para pengguna harus memahami cara penggunaannya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah singkatan PASS.

Apa itu Singkatan PASS?

Singkatan PASS merupakan akronim dari kata-kata yang harus dilakukan saat menggunakan APAR. PASS sendiri merupakan singkatan dari:

  • Pull: Tarik pin atau pengaman pada APAR.
  • Aim: Arahkan nozzle atau kepala APAR ke api.
  • Squeeze: Tekan tuas atau pegangan APAR untuk menyemprotkan bahan pemadam api.
  • Sweep: Gerakkan nozzle atau kepala APAR dari sisi kiri ke sisi kanan secara perlahan.

Dengan memahami singkatan PASS, pengguna APAR bisa lebih mudah dan cepat dalam mengatasi kebakaran. Namun, perlu diingat bahwa pengguna APAR harus berlatih terlebih dahulu sebelum terjadi kebakaran.

Bagaimana Cara Menggunakan APAR dengan Benar?

Selain memahami singkatan PASS, pengguna APAR juga harus memahami cara penggunaannya dengan benar. Berikut ini adalah cara menggunakan APAR yang benar:

  1. Cari tahu lokasi APAR terdekat dari tempat Anda berada.
  2. Tarik pin atau pengaman pada APAR.
  3. Arahkan nozzle atau kepala APAR ke api dengan jarak sekitar 2-3 meter.
  4. Tekan tuas atau pegangan APAR untuk menyemprotkan bahan pemadam api ke api.
  5. Gerakkan nozzle atau kepala APAR dari sisi kiri ke sisi kanan secara perlahan.
  6. Jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah api sudah benar-benar padam.
Pos Terkait:  Apa Fungsi Front Jump? Semua yang Perlu Anda Ketahui

Setelah melakukan penggunaan APAR, pastikan untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwenang dan memeriksa kembali kemungkinan adanya sisa api atau bara yang masih tersembunyi.

Kenapa Penting untuk Menggunakan APAR dengan Benar?

Penggunaan APAR yang benar sangat penting untuk dilakukan karena bisa membantu mengatasi kebakaran secara cepat dan efektif. Selain itu, penggunaan APAR yang benar juga bisa menghindarkan kerusakan yang lebih besar dan meminimalisir risiko kecelakaan.

Terlebih lagi, APAR seringkali digunakan di tempat-tempat yang ramai dan berpotensi terjadi kebakaran. Oleh karena itu, penting bagi pengguna APAR untuk memahami cara penggunaannya dengan benar agar bisa mengatasi kebakaran dengan cepat dan aman.

Kesimpulan

APAR merupakan alat yang sangat penting dalam mengatasi kebakaran. Agar penggunaannya bisa dilakukan dengan efektif dan efisien, pengguna APAR harus memahami cara penggunaannya dengan benar. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah singkatan PASS yang merupakan akronim dari kata-kata yang harus dilakukan saat menggunakan APAR. Selain itu, pengguna APAR juga harus memahami cara penggunaannya dengan benar untuk menghindarkan kerusakan yang lebih besar dan meminimalisir risiko kecelakaan.

Related posts:
Pos Terkait:  Pentingnya Dasar Negara bagi Suatu Negara adalah untuk...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *