Apa Yang Dimaksud Tangga Nada Minor Harmonik?

Posted on

Tangga nada minor harmonik adalah salah satu tangga nada dalam musik yang sering digunakan untuk menciptakan rasa sedih atau misterius pada lagu. Tangga nada minor harmonik terdiri dari tujuh nada yang membentuk interval yang spesifik dan memiliki karakteristik yang berbeda dari tangga nada mayor.

Interval pada Tangga Nada Minor Harmonik

Interval pada tangga nada minor harmonik adalah: 1, 2, b3, 4, 5, b6, dan 7. Interval b3 dan b6 adalah interval yang membuat tangga nada minor harmonik terdengar lebih sedih dan misterius.

Cara Membuat Akord pada Tangga Nada Minor Harmonik

Akord pada tangga nada minor harmonik terbentuk dari tiga nada yang membentuk interval tertentu. Akord pertama pada tangga nada minor harmonik adalah akord minor, yang terdiri dari nada pertama, b3 dan 5. Akord kedua adalah akord diminished, yang terdiri dari nada kedua, b3 dan b5. Akord ketiga adalah akord augmented, yang terdiri dari nada keempat, b6 dan 1.

Pos Terkait:  APA yang Dimaksud dengan Kebutuhan Jasmani dan Rohani?

Contoh Lagu dengan Tangga Nada Minor Harmonik

Beberapa contoh lagu yang menggunakan tangga nada minor harmonik adalah “Nothing Else Matters” dari Metallica, “The Unforgiven” juga dari Metallica, “Boulevard of Broken Dreams” dari Green Day, dan “Stairway to Heaven” dari Led Zeppelin. Lagu-lagu tersebut memiliki nuansa yang sedih dan misterius karena menggunakan tangga nada minor harmonik.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Nada Minor Harmonik

Kelebihan dari tangga nada minor harmonik adalah dapat menciptakan nuansa yang sedih dan misterius pada lagu. Tangga nada minor harmonik juga sering digunakan pada genre musik blues dan jazz. Namun, kekurangan dari tangga nada minor harmonik adalah terdengar monoton jika digunakan terus-menerus pada lagu. Selain itu, penggunaan tangga nada minor harmonik pada lagu pop juga kurang populer.

Perbedaan Antara Tangga Nada Minor Harmonik dan Tangga Nada Minor Melodik

Tangga nada minor melodik memiliki perbedaan interval b6 dan 6 dibandingkan dengan tangga nada minor harmonik yang hanya memiliki interval b6. Interval 6 pada tangga nada minor melodik membuat lagu terdengar lebih ceria dan optimis. Sedangkan pada tangga nada minor harmonik, interval b6 membuat lagu terdengar lebih sedih dan misterius.

Pos Terkait:  Bagaimana Konsep Integrasi antara Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni 2

Kesimpulan

Tangga nada minor harmonik adalah tangga nada yang terdiri dari tujuh nada dengan interval tertentu. Tangga nada minor harmonik sering digunakan pada lagu-lagu yang ingin menciptakan nuansa sedih dan misterius. Namun, penggunaan tangga nada minor harmonik juga memiliki kekurangan, yaitu terdengar monoton jika digunakan terus-menerus pada lagu. Pada dasarnya, penggunaan tangga nada minor harmonik dapat memberikan warna dan emosi pada lagu yang dibuat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *